Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Friday, April 12, 2019

TUTORIAL CARA MENGGUNKAN FITUR PAD PADA CATIA (complet)

     Dalam sebagian besar perangkat lunak CAD yang setara biasa disebut EXTRUDE, tetapi dalam CATIA biasa disebut dengan istilah PAD. PAD digunakan untuk menambah tebal/menambah volume pada sketch yang telah kita buat sebelumnya. Pad adalah feature dasar yang paling awal digunakan dalam membentuk/menggambar desain 3 dimensi.
Icon PAD dan 
Untuk mempelajari fitur PAD ikuti Langkah langkahnya:
1. Masuk dalam workbench Part Design dengan cara klik Start>> Mechanical design>> Part Design. Kemudian akan uncul kotak dialog dan pastikan untuk memberi nama objek yang akan digambar >> OK.
Part Design
2. membuat sketch dengan meng-klik tombol sketch kemudian pilih salah satu plane yang tersedi pada layar ataupun pada tree. Dalam membuat gambar 3D sudah dipersiapkan 3 plane pada software CAD, yaitu plane XY, plane XZ, dan plane ZY.
Plane
3. membuat gambar sketch seperti pada gambar, boleh membuat gambar lain yang anda sukai. Kalau sudah selesai membuat sketch kemudian silakan klik exit workbench untuk kembali ke part design.
Exit Workbench
4. untuk melakukan PAD adalah dengan meng-klik tombol feature PAD, kemudian akan muncul kotak dialog, berikan besarnya length atau ketebalannya ,  misal, Length=15. Kemudian klik OK.
Proses PAD
untuk meng-EDIT bagaimana?

Untuk mengedit cukup dengan meng-klik 2x pada benda yang telah di-PAD tadi. Edit yang dapat dilakukan disini terkait dengan ketebalannya. Pada kotak dialog PAD terlihat istilah thick, Mirrored Extend, ReverseDirection, kemudian More. Kita akan membahas lebih dalam lagi apa fungsi dengan istilah2 tersebut diatas:
edit PAD

THICK

Thick digunakan untuk membuat tebal ke arah samping dengan acuan garis sketch, membuat tebal dapat dilakukan dengan menambah tebal ke dalam garis maupun keluar garis, atau dapat dilakukan kedua-duanya sekaligus. Untuk lebih jelasnya silakan melihat tanda dan efek yang ditampilkan dari gambar dibawah ini.
Klik thick, Menambah ketebalan ke luar garis sketch dengan menambahkan pada kolom Thickness 2 = 10mm dan thickness 1 = 0mm.
Edit Thick
Untuk Menambah ketebalan ke dalam garis sketch dengan menambahkan pada kolom Thickness 2 = 0mm dan thickness 1 = 10mm. 
Edit Thick
Untuk Menambah ketebalan ke luar dan kedalam garis sketch dengan menambahkan pada kolom Thickness 2 = 5mm dan thickness 1 = 10mm.
Edit Thick

Mirrored Extend

Penambahan tebal pada fitur PAD adalah sesuai dengan arah panah, ketika mengaktifkan/ mencentang Mirrored Extend yang terdapat pada kotak dialog, maka yang terjadi adalah penambahan tebal searah tanda panah dan berlawanan tanda panah. Jadi seolah-olah sketch/plane yang dibuat tadi adalah sebagai kaca/mirror.
Edit Mirror Extend

Reverse Direction

Ketika arah penambahan tebal tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, maka kita dapat mengubah arah penambahan tebal ke arah kebalikan dari arah awal tadi. Yakni dengan meng-klik tombol Reverse Direction.
Edit Reverse Direction
More
Untuk kasus tertentu kita kadang memerlukan penambahan tebal pada dua arah yang berlainan dan berbeda pula ketebalannya. Untuk melakukan hal tersebut maka yang dilakukan adalah klik more pada kotak dialog, kemudian berikan Length pada second limit=20mm.
Edit Ketebalan dua arah
~~Terima Kasih~~

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS