Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Tuesday, October 23, 2018

JENIS TOLERANSI (GAMBAR TEKNIK)

Toleransi ukuran (dimensional tolerance) adalah perbedaan ukuran antara kedua harga batas (two permissible limits) dimana ukuran atau jarak permukaan/batas geometri komponen harus terletak. Untuk setiap komponen perlu didefinisikan suatu ukuran dasar (basic size) sehingga kedua harga batas (maksimum dan minimum, yang membatasi daerah toleransi; tolerance zone) dapat dinyatakan dengan suatu penyimpangan (deviation) terhadap ukuran dasar. Ukuran dasar ini sedapat mungkin
dinyatakan dengan bilangan bulat. Besar dan tanda (positif atau negatif) penyimpangan dapat diketahui dengan cara mengurangkan ukuran dasar terhadap harga batas yang bersangkutan.
Ada beberapa jenis toleransi, antara lain:

1.    Toleransi umum

Toleransi Umum ialah toleransi yang mengikat beberapa ukuran dasar. Berikut disampaikan tabel toleransi umum yang standar pada gambar kerja kualitas toleransi umum dipilih antara teliti, sedang atau kasar. Yang paling sering dipilih adalah kualitas sedang (medium).
Tabel.1 Toleransi Umum
Tabel.2 Toleransi Umum untuk Radius dan Chamfer
Tabel.3 Toleransi Umum untuk Sudut
Contoh Penambahan Toleransi Umum pada Gambar Teknik
Letak dalam penulisan toleransi umum adalah diletakkan pada bagian atas kiri, seperti pada gambar diatas. Toleransi ± 0,2 berarti masuk pada toleransi umum pada tingkat kasar. Dengan demikian maka ukuran dalam pengerjaan teknik harus mengacu pada toleransi umum, ukuran 38 pada gambar berarti dapat dikerjakan antara 37,8-38,2 mm. 

2.        Toleransi khusus

Toleransi khusus adalah toleransi di luar angka toleransi umum, dan diletakkan langsung setelah angka nominalnya. tolertansi khusus hanya mewakili ukuran dasar dengan toleransi tersebut dicantumkan
Contoh Penambahan Toleransi Khusus pada Gambar Teknik

3.        Toleransi suaian

toleransi suaian dapat dibaca DISINI.

4.        Toleransi geometri

Toleransi geometrik mencakup toleransi bentuk, posisi, tempat dan penyimpangan putar. Dalam tabel ini jenis-jenis toleransi diperlihatkan dengan lambangnya masing-masing. Toleransi bentuk membatasi penyimpangan diri sebuah elemen (titik, garis, sumbu, permukaan, atau bidang meridian) dari bentuk geometrik ideal. Posisi, tempat dan penyimpanan putar membatasi penyimpangan posisi atau tempat bersama dari dua atau lebih elemen.

Tabel.4 lambang toleransi geometri 
Contoh :
maksud dari penambahan toleransi geometri di atas adalah :
  1. permukaan yang ditunjuk mempunyai ketegaklurusan (lihat tabel)  maksimal 0,02 mm terhadap permukaan B. selebihnya adalah salah.
  2. permukaan yang ditunjuk mempunyai kesejajaran (lihat tabel) maksimal 0,03 mm terhadap permukaan B. selebihnya adalah salah.

Contoh penambahan toleransi geometri

MATERI SELANJUTNYA ==> TOLERANSI SUAIAN 

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS