Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Friday, August 03, 2018

Arsiran dan Gambar Potongan pada Gambar Mesin

ARSIRAN

Arsiran pada umumnya digunakan untuk menunjukkan area potongan pada gambar teknik.  Bentuk arsiran yang paling sederhana biasanya dapat dimengerti maksudnya.
Sudut Arsiran
Garis potongan selain dapat digunakan untuk memperlihatkan profil yang tak terlihat juga menyimpan informasi tentang material dari komponen tersebut. Biasanya, hasil potongan pada umumnya digambar dengan arsiran jenis material besi tuang.
Gambar dibawah menunjukan beberapa jenis simbol arsiran material menurut ANSI standard.
jenis arsiran berdasar ISO

GAMBAR POTONGAN

Proyeksi ortografi ketika ditampilkan sisi pandangan yang cermat, maka dapat mengungkapkan bentuk dan ukuran yang menyimpan banyak informasi. Namun, ada beberapa objek yang tidak dapat dilihat dalamnya, padahal informasi tersebut harus diinformasikan ke teknisi ataupun operator. Karena masalah tersebut maka perlu pandangan potongan yang digunakan untuk menampilkan informasi yang tersembunyi, pandangan potongan diperoleh dengan membayangkan objek seolah olah dipotong oleh bidang pemotongan.
               Penampang yang dipotong kemudian diberi tanda material dengan cara mengarsir sesuai dengan simbol jenis arsiran material.


Bidang pemotongan, (b) visualisasi hasil pemotongan.

MACAM-MACAM POTONGAN

1. Potongan Penuh

Potongan penuh atau full section adalah sebuah metode pemotongan ( irisan ) pada sebuah obyek secara menyeluruh, artinya potongan penuh terjadi ketika benda pemotong melalu bidang potongan seutuhnya. berikut ilustrasi potongan pada salah satu komponen mesin. 
Potongan Penuh

hasil proyeksi gambar,

Multiview dan Pandangan Potongan Penuh
pada gambar diatas, gambar kiri merupakan gambar proyeksi ortogonal tanpa potongan. yang hanya menampilkan garis strip-strip yang menandakan bahwa bentuk di dalam/yang tidak kelihatan tampak seperti tanda strip-rtrip tersebut. tetapi untuk gambar kanan merupakan gambar penampang potongan yang menginformasikan pada operator gambar bahwa bentuk dalamnya jelas digambarkan seperti itu, seolah-olah dipotong yang menampakkan informasi yang lebih akurat.

2. Potongan Setengah

Potongan separuh sering juga dikenal dengan istilah half section adalah sebuah metode potongan ( irisan ) hanya untuk mengetahui atau melihat sebagian obyek saja,ini sering terjadi pada obyek – obyek berbentuk simetrik sehingga sebagian menjadi gambar potongan dan setengahnya lagi sebagai pandangan.
Potongan Setengah
walaupun yang dipotong hanya seperempat, tetapi dalam bahasa teknik adalah potongan setengah. karena setengah dari potongan penuh
Multiview dan Potongan Setengah
pada gambar kanan adalah gambar potongan setengah, cara penggambarannya adalah sama seperti gambar kanan diatas. hanya setengah yang di gambar potongan, sedangkan gambar setengahnya dibiarkan utuh.

3. Potongan Sebagian

Tidak perlu bagian yang lengkap dari komponen jika hanya perlu sedikit gambar detail. Tanda potongan sebagian menggunakan garis tidak beraturan. Potong bagian yang mau ditunjukkan dengan garis tidak beraturan.
Potongan Sebagian
pada potongan ini hanya menunjukkan bagian yang tersembunyi dengan memotong sebagian komponen, sehingga operator dapat mengetahui informasi yang disampaikan berupa bentuk dan ukuran dalam komponen tersebut.
Multiview dan Potongan Sebagian

4. potongan Putar

Potongan putar adalah metode pemotongan ( irisan ) sebuah obyek secara penuh tetapi pada saat penyajianya diputar dan ditempatkan pada area lain,agar tidak terjadi salah persepsi dalam membacanya. Benda-benda tertentu seperti ruji roda, engkol, poly, gear rantai, dan sebagainya adalah beberapa obyek yang paling sering mengalami proses potongan putar.
potongan putar
pada potongan ini berfungsi untuk menunjukkan bentuk profil pada sebuah gambar teknik mesin, sehingga tidak terjadi kesalah pahaman antar pembuat gambar dan operator mesin/pengecoran.

5. Potongan Meloncat

potongan meloncat atau potongan penuh dengan bidang offset dimana bidang pemotong di-offset pada bagian lain untuk menunjukan beberapa detail yang terlewatkan.
Potongan Meloncat

6. Potongan Berturut-turut

Tipe pemotongan ini hampir sama dengan potongan yang diputar namun potongannya digambarkan di luar benda. Potongan – potongan berurutan dapat disusun. Hal ini diperlukan untuk memberi ukuran atau alasan lain.
Potongan Berturut-turut

MATERI SELANJUTNYA ==> UKURAN/DIMENSI PADAGAMBAR TEKNIK

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS