Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Thursday, November 07, 2019

AUTOCAD USER INTERFACE DAN COMMAND

       Dalam mempelajari aplikasi di computer, agar lebih cepat dalam mengenali perintah-perintah, harus dimulai tampilan program aplikasi tersebut dan bagaimana menjalankan perintah-perintahnya. Tampilan program aplikasi dikenal dengan nama antar muka (user interface). Antar muka seperti ditunjukkan pada Gambar dibawah akan muncul setelah program tersebut dijalankan.
Interface pada AutoCAD
Keterangan ;
Application Menu Button è Komponen antarmuka pengguna yang lazim dalam Autocad.
Quick Access Toolbar è Untuk menempatkan tombol-tombol perintah yang sering digunakan pada Autocad sehingga menjadi lebih mudah dan cepat untuk menjalankan perintah tersebut.
Menu Bar                  è Menu bar berisi menu file hingga menu express, Dalam kondisi awal pemuatan autocad menu ini tidak aktif, untuk mengaktifkan gunakan langkah berikut;
· Klik anak panah pada quick acces toolbar
· Pilih show menu bar
Ribbon Tabs dan Panel è adalah sebuah strip horizontal yang berisi daftar menu yang tersedia untuk program tertentu. Ribbon panel merupakan panel yang berisi toolbar dalam berbagai kategori. Seperti pada contoh di bawah ini ribbon panel pada autocad 2010 terdiri atas kategori panel Home, Insert, Annotate, parametric, View, Manage, Output, dan Express Tools. Dengan Panel ribbon anda akan lebih cepat dan effisien mengakses perintah selain dengan shortcut yang anda kuasai. Ribbon panel juga mempermudah mencari salah satu shortcut autocad
ViewCube                  è Viewcube merupakan salah satu fitur navigasi AutoCAD yang berfungsi untuk melakukan seleksi view dengan cepat ataupun memutar gambar tanpa perlu menggunakan perintah orbit.
Graphics Cursor       è atau disebut Crosshair digunakan untuk mengontrol mouse untuk menunjuk titik, memilih objek serta menggambar objek. Selain itu juga sebagai tanda apakah perintah yang kita tulis aktif atau tidak.
Navigation Bar          è bar navigasi adalah elemen antarmuka bagi pengguna tempat mengakses alat navigasi.
Command Line         è Setiap perintah yang kita ketikkan pasti akan masuk ke dalam command line dan akan disimpan dalam sebuah command history window. Untuk memasukkan perintah dalam command line adalah dengan cara menulis perintah atau singkatannya kemudian diakhiri dengan menekan tombol enter.
Kadang perintah dalam command line memiliki beberapa sub yang dapat kita pilih dengan mengetiknya di command line, jadi perhatikan command line dengan seksama.
Additional Settings   è Status bar ini menampilkan drawing tools, navigator tools, quick view tool, dan annotation scaling. Selain itu juga terdapat pengaturan SNAP, POLAR, OSNAP, dan OTRACK.

Fungsi dan Setting Grid, Snap, Ortho dan Osnap.

a.      Grid
Berfungsi untuk melihat pada area gambar, gambar standard selalu mengikuti object GRID.
Perintah Cepat : Tekan tombol F7 ,untuk menonaktifkannya tekan kembali F7.
b.      Snap
Yaitu perintah yang memungkinkan kursor mengunci Grid. Snap ini diperunakan unuk mengontrol agar object selalu mengenai grid.
Perintah Cepat pada Keyborad : Tekan F9 untuk mengaktifkan snap dan Tekan kembali F9 untuk mennonaktifkan snap.
c.       Ortho
Yang berfungsi sebagai perintah untuk membuat garis secara bebas atau garis tegak lurus.
Perintah Cepat pada Keyborad : Tekan F8
d.      Osnap
Adalah perintah yang sangat vital, osnap ini di pergunakan untuk akurasi menggambar object.
Untuk melakukan setting Osnap, ikuti langkah berikut :
Ketik pada keyboad : ddosnap + Enter
Maka akan muncul gambar kotak dialog seperti dibawah ini:
Kotak dialog Onject SNAP
Pada object snap pilih select All kemudian OK.

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS