Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Thursday, October 29, 2020

PROSES MEMBUAT CETAKAN LILIN PROFIL ANGKA DENGAN MESIN CNC MILLING

Lilin adalah adalah sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat yang mudah terbakar. Sebelum abad ke-19, bahan bakar yang digunakan biasanya adalah lemak sapi (yang banyak mengandung asam stearat). Sekarang yang biasanya digunakan adalah paraffin.

cetakan lilin profil angka

Seiring berkembangnya zaman maka bentuk lilin semakin lama semakin berkembang mengikuti perkembangan pasar saat ini, mulai bentuk yang sangat sederhana sampai bentuk lilin yang sangat kompleks.

bentuk2 lilin

Dalam proses pembuatan lilin diperlukan cetakan yang digunakan untuk membentuk cairan lilin menjadi bentuk yang diinginkan, misal lilin profil angka maupun huruf.

Pada kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat cetakan lilin profil angka. Pada kasus yang saya alami, Secara garis besar produksi moulding/cetakan lilin dimulai dengan material (kondisional). karena disini pelanggan sudah membawa material sendiri, material yang digunakan dalam membuat moulding ini menggunakan material aluminium cor produksi pabrik pengecoran logam ceper klaten. saya sarankan kalau mau membuat moulding menggunakan aluminium cor press karena menghindari efek lubang2 rongga udara akibat udara terjebak saat proses pengecoran.  

bahan baku cetakan lilin (aluminium)

Setelah mengetahui ukuran material,langkah selanjutnya adalah memotong material sesuai dengan ukuran yang diinginkan, baik ukuran panjang,lebar dan tingginya. Menghaluskan sisi-sinya dapat dilakukan dengan mesin milling manual.

membuat design/gambar angka dilakukan dengan menggunakan bantuan computer atau dalam Bahasa modern, menggambar dengan bantuan komputer lebih dikenal dengan sebutan Computer Aided Design (CAD). System CAD mempunyai beberapa software mulai dari kelas lowend sampai highend, seperi autocad, mechanical desktop, solidwork, Autodesk inventor, catia, pro eng, mastercam dll.

Dalam pembuatan gambar molding lilin ini, proses membuat gambar dilakukan dengan menggunakan software mastercam. Mastercam adalah sebuah perangkat lunak komputer berbasis CAD/CAM yang sering digunakan oleh berbagai macam perusahaan manufaktur. Mastercam memiliki fasilitas-fasilitas computer grafis yang memungkinkan pengguna yang melakukan berbagai bentuk simulasi proses pemesinan sebelum diimplementasikan pada proses pemesinan yang sesungguhnya (berbasis computer numerical controlled (CNC based)).

CAM merupakan istilah yang digunakan dalam menjelaskan proses manufacturing yang dibantu dengan computer. Dalam mastercam juga dilengkapi dengan kemampuan desain yaitu menggambar objek 2 dan 3 dimensi. Pada program mastercam ada beberapa pilihan operasi pemesinan diantaranya adalah mill dan lathe.

sketch profil angka cetakan lilin

Setelah membuat gambar 2D pada program mastercam, langkah selanjutnya adalah mensimulasikan pemakanan pada proses pemesinan yang akan dilakukan (aktifitas ini seringkali disebut toolpath).  Sebelum dilakukan toolpath harus menentukan stock material dahulu, yaitu menentukan panjang lebar tinggi sesuai potongan bahan pada realitasnya.

Men-Toolpaths dengan menggunakan contour dan menentukan titik pusat program.

Tampilan Toolpath 2D pada Mastercam X5

Mensimulasikan toolpaths dan hasil simulasi tersebut merupakan gambaran hasil proses pemesinan

Simulasi Molding Profil 1 di Program MasterCam X5

Mengubah hasil toolpath menjadi bahasa pemrograman(NC)

PROSES PEMESINAN

1. Mempersiapkan Perlengkapan Pahat

Perlengkapan Pahat

a.    Memasang End Mill diameter 2, 8, dan 20 mm dalam arbor dengan ukuran collet masing-masing. Menempatkan peralatan tadi di meja kerja CNC yang telah disediakan.

b.    Pemasangan End Mill kedalam Arbor harus kuat untuk menghindari kecelakaan kerja.

2. Proses Pemesinan dengan CNC Milling

a.   Menghidupkan mesin CNC dan memposisikan mesin pada Machining Zero untuk mengetahui koordinat mesin.

b.    Mentransfer data dari flashdisk ke dalam memori mesin.

Transfer data NC dari Flasdisk

c.    Memasang Ragum di atas meja CNC kemudian mengecek kerataan cekam dengan menggunakan dial indikator.

mengecek kerataan permukaan cekam

d. Memasang benda kerja pada ragum dengan posisi seperti pada program Mastercam X5, kemudian meratakan permukaan benda kerja dengan End Mill θ 20 mm secara manual.

Menentukan Titik X 0, Y 0 pada Benda Kerja

e.    Menentukan titik X 0, Y 0 dan Z 0 pada benda kerja. Untuk Z 0 pada pahat satu dengan pahat yang lainnya berbeda.

f.     Mencari program yang dibuat kemudian melakukan proses machining.

g.    End mill dalam proses pengerjaan ini ada 2 jenis, setelah program pertama selesai selanjutnya kita melepas End Mill yang pertama (θ 8 mm) dan memasang End Mill yang kedua(θ 2 mm).

h.    Setelah selesai memasang End Mill yang kedua (θ 2 mm). selanjutnya proses pemesinan kedua mulai dioperasikan.

Hasil Proses Pemesinan Cetakan Lilin

i.      Melakukan proses yang sama pada pembuatan profil yang lain.

3. Hasil Proses Pemesinan

cetakan lilin bahan aluminium

PEMESANAN ==> Pemesanan berbagai molding dapat didiskusikan di nomor 085 290 292 393 wa only (bpk. zain)

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS