Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MATERI PENDAHULUAN PERLAKUAN PANAS/HEAT TREATMENT

Baja adalah bahan terpenting bagi masyarakat saat ini. Hal ini telah menjadi rangka industri selama berabad-abad, dan munculnya metode untuk memproduksinya secara massal dari bijih besi merupakan pendorong untuk mengubah masyarakat manusia dari gaya hidup yang sebagian besar bertani menjadi masyarakat industri perkotaan.

Penempaan Baja (Sumber:Real Engineering)
    Baja banyak dibutuhkan untuk membentuk tulang rangka gedung pencakar langit, membuka jalan bagi rel kereta api, membentuk kendaraan yang dapat menggerakkan masyarakat, dan alat-alat modern, hal menakjubkan semacam itu semua dibuat dari material baja.

Kebutuhan Baja (Sumber:Real Engineering)

    Kita sebelumnya telah berbicara tentang bagaimana proses pemurnian besi, proses tersebut menentukan apakah bahan yang dihasilkan adalah baja atau besi dan bagaimana persentase karbon yang dikandungnya, bahan dengan kandungan carbon yang rendah atau tinggi akan memliki sifat yang  bahan berbeda-beda.

    Presentase kandungan carbon pada besi memiliki efek yang sangat besar, karena dengan kandungan karbon dengan prosentase tertentu akan mengubah bahan yang relative lemah dapat menjadi bahan yang mampu meluncurkan sebuah revolusi industry.

    sebagian besar masyarakat, pengetahuan dalam pembuatan baja diturunkan selama berabad-abad dari pandai besi ke pandai besi, mereka membuat alat untuk komunitas mereka. Seperti pedang, pisau, keris dan alat-alat menakjubkan lainnya.

    Dalam membuat pisau seorang Pandai besi biasanya menggunakan bahan dengan kandungan karbon 0,55%, kemudian bahan ditaruh pada tungku. Secara bertahap pandai besi membentuknya dengan palu atau mesin palu menjadi batang persegi panjang menyerupai bentuk dasar pisau.

    Setelah membuat dasar bentuk pisau selesai, selanjutnya adalah menggerinda bentuk sisi sebagai pembentukan final. Selanjutnya adalah proses sihir metalurgi melalui proses perlakuan panas, sehingga terbentuklah pisau yang kuat dan tajam.

Materi Selanjutnya ==> PROSES HEAT TREATMENT (Quenching, Annealing, Tempering)

Posting Komentar untuk "MATERI PENDAHULUAN PERLAKUAN PANAS/HEAT TREATMENT"