Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesin Bubut

Pengenalan Mesin Bubut
    Pada pembelajaran di jurusan Teknik Mesin pasti akan bersinggungan dan menggunakan peralatan-peralatan dengan berbasis mesin. Nah untuk mesin yang digunakan adalah mesin-mesin yang berkelas industri, salah satunya adalah mesin bubut.
Mesin Bubut

Pada artikel kali ini kita akan memperkenalkan tentang mesin bubut, mesin bubut biasa juga disebut dengan turning machine. Mesin bubut adalah suatu jenis mesin perkakas yang dalam proses kerjanya bergerak memutar benda kerja dan menggunakan mata potong pahat atau tools sebagai alat untuk menyayat benda kerja tersebut.

Prinsip kerja mesin bubut yaitu benda kerja dipasang pada pegangan/pencekam kemudian diputar oleh spindel mesin dengan kecepatan tertentu, setelah itu benda kerja di potong atau disayat menggunakan pahat bubut dengan arah pemakanan melintang atau tegak lurus terhadap sumbu mesin dan arah memanjang yaitu sejajar dengan sumbu mesin. (baca = bagian-bagian mesin bubut dan fungsinya).

Dilihat dari cara pengoperasian mesin bubut mesin bubut dibagi kedalam dua jenis;
  1. Mesin Bubut Manual, atau disebut juga mesin bubut konvensional yaitu mesin bubut yang pengoperasiannya secara manual dilakukan oleh manusia secara langsung.
  2. Mesin Bubut Otomatis, mesin bubut yang perkakasnya secara otomatis memotong benda kerja dan mundur setelah proses dikerjakan, dimana semua pegerakan sudah diatur atau diprogram secara otomatis dengan menggunakan komputer. mesin bubut otomatis ini lebih dikenal dengan sebutan CNC atau computer numerical control.
baca juga ==> Mengenal 7 Tipe Mesin Bubut

Posting Komentar untuk "Mesin Bubut "