Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Wednesday, March 28, 2018

CARA MEMBUAT VAS BUNGA MENGGUNAKAN SHAFT PADA CATIA


hallo..
selamat pagi siang sore semua, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial CATIA sederhana dalam menggunakan tool SHAFT atau biasa dikenal REVOLVE kalau dalam software AutoCad. 
dalam tutotial ini object yang akan coba kita gambar adalah dalam bentuk pot bunga atau vas bunga.
Vas Bunga
kalau ada teman2 yang belum begitu mahir dengan membuat sketch pada software CATIA silakan belajar sketc disini.
langkah pertama adalah membuka software CATIA, dalam membuka software CATIA biasanya lama ..sabar.
kemudian kita masuk ke Part Design , langkahnya : klik Start => MechanicL dESIGN => PART dESIGN





setelah masuk pada workbench Part Design, kemudian untuk memulai menggambar kita harus masuk sketch. caranya klik sketch  kemudian klik salah satu plane yang ada di history/tree/pohon
plane pada history/tree
setelah masuk pada workbench sketch, gambar seperti sketch d samping ini. gunakan (no 1) profile dan bentuk seperti gambar d samping, untuk mengubah garis lurus dan garis radius bisa menggunakan nomor 3 yang ada di sketch tool. dalam sketch tool sudah disediakan tool yang digunakan untuk mengubah line lurus, cekung, dan cembung. kemudian gunakan tool no. 2 untuk memberi garis sumbu. garis sumbu ini sangat penting dan harus dibuat , karena tanpa membuat axis maka fungsi Shaft tidak akan berfungsi.
yang perlu diperhatikan adalah, garis harus menyatu dengan axis dan jangan sampai terbuka.
setelah membuat gambar seperti gambar di atas, saatnya mengolah menjadi obyek 3 dimensi. caranya klik tool exit workbench  pada  kelompok toolbar workbench, kemudian akan kembali ke workbench Part Design.
kemudian klik SHAFT  akan muncul kotak dialog, first angle 360, dan second angle 0. => OK


hasil dari SHAFT
kemudian untuk membuat ruang di dalam pot caranya dengan menggunakan tool SHELL  setelah klik tool shell kemudian akan muncul kotak dialog seperti dibawah 
kemudian default inside thickness akan otomatis terisi 1 mm (silakan diisi sesuai keinginan). kemudian klik pada face to remove untuk membuat tempat yang dilubang, kalau sudah berhasil akan berwarna ungu. kemudian OK.
Hasil dari shell
...selesai... 



No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS