Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Tuesday, March 27, 2018

TOOLBAR OPERATION PADA CATIA (SKETCHER)

toolbar operation adalah toolbar yang berisi tools untuk memodifikasi sketch yang telah dibuat sebelumnya. Toolbar operation terdiri dari tools ; corner (fillet), chamfer, trim, break, quick trim (erase), mirror, symmetry, translate, scale, offset, rotate, dan project 3d elements.



Tanda panah kecil d samping tools akan muncul tools baru apabila d klik, antara lain;
Pada kesempatan ini kita akan bahas satu-pesatu dari Fungsi toolbar operation, 
Simbol
Nama
Fungsi

Corner
Corner pada workbench sketch digunakan untuk membuat radius pada pertemuan 2 garis atau membuat radius diantara lingkaran.
Contoh penggunaan corner :



 
Untuk membuat bentuk corner A (fillet) caranya;Klik tool corner, kemudian klik garis 1 dan garis 2, kemudian tarik kedalam persegi kemudian klik 1 kali. (atur ukuran dengan menggunakan constraint). Maka sudut garis akan membentuk radius seperti contoh A.





Atau Membuat radius diantara 2 lingkaran.


Klik tool CORNER kemudian klik garis lingkaran 1, lalu klik garis lingkaran 2 lalu tarik kebawah (atur sedemikian rupa sesuai project), kemudian klik 1 kali. (atur ukuran dengan menggunakan constraint)

Hasil corner diantara 2 lingkaran


Chamfer
Chamfer pada workbench sketch digunakan untuk membuat chamfer pada pertemuan 2 garis. (Lihat contoh chamfer dibawah)
Contoh :


 
untuk membuat chamfer seperti contoh B, caranya : klik tool CHAMFER lalu klik garis 1 dan 2 kemudian klik 1X di dalam persegi. (atur ukuran dengan menggunakan constraint). Maka sudutnya akan terbentuk seperti contoh B.







Trim
Uniknya software CATIA pada fungsi Trim adalah selain digunakan untuk meng-eliminasi garis yang tidak penting juga bisa digunakan untuk memperpanjang garis. Untuk memperpanjang garis di software auto cad dapat menggunakan tool extend, tetapi dalam software ini fungsi extend dijadikan satu dalam tool trim.
Contoh :
Untuk meng-eliminasi garis


                     
Mengeliminasi garis agar gambar A menjadi gambar B, caranya:
Klik tool trim, kemudian klik trim All element pada sketch tools (sketch tools akan muncul dengan sendirinya apabila klik tool trim), lalu klik garis 1 kemudian klik garis 2.
Lakukan hal yang sama untuk garis 3 dan 4

Untuk menggabungkan garis

                    
cara untuk menggabungkan garis/ extend kalau di auto cad, Klik tool trim ==>  klik trim first element pada sketch tools (sketch tools akan muncul dengan sendirinya apabila klik tool trim) => klik garis 1 kemudian klik garis 2. => selesai


Quick Trim
Quick trim atau erase digunakan untuk membuang garis yang tidak digunakan dalam sketch. Fungsi quick trim ini hampir mirip dengan trim, tetapi quick trim hanya sekedar untuk menghapus saja.
Contoh :

cara untuk membuang garis yang tidak diinginkan; klik Quick Trim => klik garis 1, garis 2, garis 3, dan garis 4. => selesai
                  


Mirror
Mirror digunakan untuk mencerminkan obyek gambar dengan garis atau sumbu yang diasumsikan sebagai cermin.
Contoh :
untuk menggunakan mirror maka harus menentukan garis sebagai cermin dulu, bisa pakai axis yang ada ataupun bisa pakai mid pada garis tertentu, contoh dibawah akan menggunakan axis yang sudah ada di catia
caranya adalah klik mirror => klik lingkaran 1, kemudian klik axis 2 (mirror dianggap axis y) => selesai

                      

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS