Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Tuesday, April 17, 2018

CARA MENGGUNAKAN MULTI-PAD PADA CATIA V5

      Fitur multi-pad ini walaupun sangat jarang dilakukan tetapi sangatlah penting untuk para desain engineering yang mumpuni dan mau untuk meng-upgrade skill desainnya menjadi lebih handal.
Multi-PAD
     
Fitur multi-pad ini digunakan untuk meng-extrude/ menambah tebal komponen. Bedanya dengan fitur PAD adalah, kalau PAD hanya bisa meng-extrude 1 sketch . tetapi kalau MULTI-PAD bisa untuk meng-extrude banyak sketch. 


untuk lebih detailnya mari kita bahas cara menggunakan Multi-Pad pada CATIA V5. 
pertama, silakan buka CATIA dan kemudian masuk ke workbench Part Design. kemudian masuk ke workbench SKETCH, untuk belajar lebih jauh tentang SKETCH bisa klik disini
setelah masuk workbench sketcer, kemudian menggambar seperti job di bawah ini:
2 sketch untuk multi-pad
setelah membuat seperti diatas, kemudian klik (exit workbench). kemudian klik fitur MULTI-PAD yang ada di barisan Sketch Based Featured. (apabila tidak ada, silakan klik kanan di sembarang tool kemudian cari Sketh based featured).
Kotak Dialog Multi-PAD
setelah klik multi-pada maka akan muncul kotak dialog sepeti gambar disamping. karena ada 2 sketch maka di gambar yang ada tanda elips tertera ada 2 sketch. klik salah satu kemudian dikasih ukuran sesuai selera anda... kemudian klik sketch satunya dan kasih ukuran lagi.....
kalau arah terbalik maka bisa klik reverse seperti pada gambar yang bertanda segiempat. untuk memunculkan keterangan yang lebih banyak bisa klik more/less pada gambar segitiga, kemudian OK.
hasil dari Multi-Pad pada CATIA
MATERI SELANJUTNYA ==> FUNGSI EDGE, FILLET, DAN CHAMFER

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS