Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Friday, April 13, 2018

KLASIFIKASI GAMBAR TEKNIK MESIN

DEFINISI
             Gambar Teknik Mesin adalah suatu alat komunikasi dalam dunia teknik yang digunakan untuk menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk perpaduan garis-garis dan simbol yang bermakna sesuai dengan aturan yang telah disepakati.
              dalam teknik mesin, gambar teknik dikelompokkan menjadi beberapa jenis. pada kali ini akan kita bahas klafisikasi gambar teknik mesin, antara lain:




MATERI SEBELUMNYA : STANDARISASI

1. Gambar Mesin (Machine Drawing)

        Gambar Mesin merupakan gambar yang berkaitan dengan bagian-bagian mesin ataupun komponen, biasanya gambar mesin disajikan dengan pandangan Ortografi. dengan disajikan dengan pandangan ortografi atau proyeksi maka bentuk dan ukuran komponen sepenuhnya dapat dipahami dengan baik. Gambar bagian dan gambar perakitan termasuk dalam klasifikasi Gambar Mesin.

Contoh Gambar Mesin

2. Gambar Produksi / Gambar Kerja (Working Drawing)

             Gambar produksi juga disebut dengan gambar kerja, dalam gambar kerja ini harus memiliki informasi yang komplet. informasi yang dibutuhkan antar lain; dimensi atau ukuran, toleransi umum, toleransi khusus, toleransi suaian, toleransi geometri, dan proses finishing khusus. yang dimaksud finishing khusus adalah perlakuan panas, penggerindaan, dll.
         yang perlu disertakan dalam gambar kerja selain diatas adalah material yang digunakan, jumlah komponen yang dibuat serta jumlah komponen yang harus dirakit. gambar kerja biasanya disajikan per halaman, jadi satu halaman adalah satu gambar komponen yang harus dikerjakan.
Contoh Gambar Produksi/Kerja

3. Gambar Bagian (Part Drawing)

                Gambar Bagian atau gambar komponen adalah gambar rinci dari komponen untuk memfasilitasi pembuatannya. prinsip proyeksi ortografi harus jelas dan teknik representasi grafis harus diikuti untuk mengkomunikasikan detail dalam gambar bagian. gambar bagian yang sangat rinci dan detail merupakan gambar Produksi.

4. Gambar Rakitan (Assembly Drawing)

                Gambar rakitan adalah gambar mesin yang menampilkan seluruh komponen yang telah dibuat dalam bentuk yang sudah dirakit. informasi lain yang ditampilkan dalam gambar rakitan adalah visualisasi kinerja pada mesin tersebut dan nama- nama komponen beserta jumlahnya. 
Contoh Gambar Rakitan

SELANJUTNYA ==> PERALATAN DAN BAHAN GAMBAR TEKNIK MANUAL

4 comments:

  1. terimakasih atas ilmunya, bermanfaat sekali!
    Jangan lupa visit web ini, www.ppns.ac.id

    ReplyDelete
  2. Gambar yang ada toleransinya itu nama barangnya apa ?

    ReplyDelete

YOUR COMMENTS