Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Thursday, December 13, 2018

TENTANG AUTOCAD DAN INTRODUCTION

PERMULAAN AUTOCAD

Beberapa puluh tahun yang lalu, hampir setiap gambar yang diproduksi di dunia dilakukan dengan pensil atau tinta di atas kertas. CAD secara fundamental telah mengubah cara perancangan yang telah lama dilakukan. Dari yang dulunya dilakukan secara manual diubah menjadi berbasis computer.
Logo Autocad
Sistem Gambar Teknik pertama dimulai pada tahun 1957 oleh General Motors dan 1960 oleh McDonnell Douglas Automation Company. Setelah sekian lama menggunakan pensil dan tinta untuk menggambar mesin, baru kemudian pada tahun 1982 Perusahaan Autodesk mulai pertama kali mengenalkan Sistem Gambar Teknik Berbasis Komputer atau lebih sering disebut Computer Aided Design (CAD). yaitu software Autocad Version 1 yang Release pertama kali pada bulan Desember, yang sampai sekarang software ini merupakan makanan wajib bagi mahasiswa teknik, terutama teknik mesin.

Daftar Version AutoCAD
Sistem CAD pada umumnya terdiri dari 3 unsur Utama, yaitu:
1.      CAD User (Manusia).
2.      CAD Hardware (Komputer).
3.      CAD Software (AutoCAD).
Di masa-masa awal kemunculannya AutoCAD hanya digunakan sebagai alat untuk menggambar saja. Kemudian dengan seiring berjalannya waktu selama beberapa tahun dan banyak rilis maka berkembang menjadi alat desain. Banyak ikon-ikon yang berkembang pada software AutoCAD dan kemudian dikelompokkan menjadi berbagai Toolbar. Seperti toolbar drawing dan toolbar modify.

LAYAR PADA AUTOCAD

Layar AutoCAD berisi dua bagian, yaitu layar grafis/Area gambar dan teks sebagai perintah. Area Gambar sebenarnya adalah representasi dari kertas gambar yang mana layarnya dapat menampilkan gambar yang kita buat, sedangkan teks perintah/command line merupakan layar yang dapat diisi perintah sehingga Autocad dapat bekerja menampilkan gambar sesuai perintah  yang ditulis. Contoh command: untuk menggambar lingkaran maka harus memasukkan command “CIRCLE” atau cukup “C” kemudian enter.
AutoCAD pada umumnya menyimpan file dalam format .DWG, tetapi file tersebut dapat di ekspor format yang berbeda seperti (DXF, IGES).
Ada dua domain utama dalam Autocad, yaitu ruang MODEL dan ruang PAPER/Layout. Ruang model menampilkan semua bentuk pemodelan yang digambar dalam satu tampilan windows, tidak ada batasan ruang pada ruang model ini. Sedangkan ruang Paper ini adalah area yang digunakan untuk PLOT atau cetak gambar yang sudah dibuat dalam ruang model. Ruang ini sebenarnya adalah lembaran kosong di mana objek nyata yang ditarik dalam ruang model dapat direpresentasikan sebagai gambar yang dapat dicetak dalam skala yang tepat.

Ruang Modeling
Ruang Paper

SISTEM KOORDINAT PADA AUTOCAD

Sistem koordinat XYZ adalah pengetahuan dasar dalam membangun gambar dengan perangkat lunak AutoCAD. Penempatan titik-titik diuraikan dengan nilai koordinat XYZ. Nilai-nilai itu disebut dengan koordinat persegipanjang, dimana titik-titik ditempatkan pada satu bidang datar. Titik awal dari sistem koordinat berada pada sudut kiri bawah layar monitor, yang disebut dengan World Coordinate System (WCS). Jarak terukur secara horizontal dari titik awal merupakan nilai X (pada sumbu X), dan jarak terukur secara vertical dari titik nol (titik awal) merupakan nilai Y (pada sumbu Y).
Ada dua Koordinat system pada autocad yang kita ketahui, yaitu: WCS dan UCS, WCS yaitu Wordl Coordinate System (system koordinat dunia) sedangkan UCS adalah User Coordinate System (system koordinat pengguna). Secara default, kedua sistem ini bertepatan dalam gambar baru.

Sistem Koordinat
Biasanya dalam tampilan 2D, Sistem WCS secara default sumbu X adalah arah horizontal dan sumbu Y adalah arah vertikal. Permulaan WCS adalah di mana sumbu X dan Y berpotongan sehingga mempumyai koordinat awal (0,0). Semua objek dalam file gambar ditentukan oleh koordinat WCS. Namun, biasanya lebih mudah untuk membuat dan mengedit objek berdasarkan UCS yang dapat digerakkan.
Secara default ketika kita memulai gambar baru (kosong), kita menggunakan World Coordinate System (WCS). Ini adalah permulaan koordinat kita yaitu (0,0,0). Melihat ikon UCS, pada navigator Box memberitahu kita bahwa, kita menggunakan Sistem Koordinasi Dunia. Seperti yang ditunjukkan di bawah kompas. Pada gambar di bawah kompas/navigator box kita dapat melihat WCS aktif. Ketika mengklik panah itu menunjukkan Anda memiliki WCS aktif dan memberi Anda pilihan untuk membuat Sistem Koordinat Pengguna baru (UCS).
   
Koordinat WCS dan UCS pada AutoCAD
User Coordinate System (UCS) oleh Pengguna boleh sembarang menentukan titik awal penggambaran. Metodan ini disebut dengan metoda relatif. Sama seperti pada mesin CNC, metoda pemprograman juga dikenal secara utama 2, yakni metoda absolut dan metoda inkremental. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metoda relatif adalah sama dengan metoda inkremental. Metoda penggambaran absolut adalah metoda penggambaran dengan berbasis pada satu titik yang disebut dengan datum point. Bentuk bagaimanapun gambar yang dibuat, basis penggambarannya selalu berbasis pada titik awal pertama yang berada pada titik WCS. Metoda penggambaran relatif adalah metoda dengan banyak titik awal, tergantung jumlah entiti (objek) yang digambar, di mana bahwa pada metoda relatif akhir langkah penggambaran entiti terdahulu menjadi awal langkah penggambaran entiti berikutnya.
Sebagai contoh: Jika kita ingin menetapkan gambar ke titik nol yang baru ditentukan, sehingga kita dapat menggunakan titik tertentu itu sebagai titik awal untuk sistem koordinat yang perlu kita gunakan, kita dapat memindahkan UCS ke titik baru tersebut. Titik itu akan menjadi titik (0,0,0). kita bahkan dapat mengubah sudut UCS jika diperlukan. Anda dapat menamai dan menyimpannya, sehingga Anda dapat beralih di antara mereka. Di Paper space kita harus ingat bahwa UCS hanya memiliki titik (0,0): Koordinat ‘X’ dan ‘Y’.

KEUNTUNGAN MENGGAMBAR MENGGUNAKAN AUTOCAD


Ada sejumlah keuntungan yang didapatkan dalam penggunaan AutoCAD bila dibandingkan dengan penggunaan alat gambar tradisional. Dari sekian keuntungan tersebut dapat di rasakan langsung, seperti peningkatan kualitas kerja, kontrol yang lebih baik dengan komunikasi yang lebih banyak.
Keuntungan-keuntungan CAD ini meliputi:
  • Produksi beberapa jenis grafik lebih cepat,
  • Modifikasi gambar lebih mudah,
  • Waktu yang lebih pendek dalam perencanaan komponen yang sejenis.Akurasi perencanaan lebih tinggi,
  • Perkiraan biaya lebih akurat,
  • Penempatan teks gambar lebih cepat dan lebih terang,
  • Skala gambar otomatis,
  • Dapat digunakan untuk membuat librari simbol,
  • Dapat digunakan untuk membuat tampak Isometric dan axonometric dari model 3D.

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS