Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SISTEM KOORDINAT PADA AUTOCAD

Sistem koordinat XYZ adalah pengetahuan dasar dalam membangun gambar dengan perangkat lunak AutoCAD. Penempatan titik-titik diuraikan dengan nilai koordinat XYZ. Nilai-nilai itu disebut dengan koordinat persegipanjang, dimana titik-titik ditempatkan pada satu bidang datar. Titik awal dari sistem koordinat berada pada sudut kiri bawah layar monitor, yang disebut dengan World Coordinate System (WCS). Jarak terukur secara horizontal dari titik awal merupakan nilai X (pada sumbu X), dan jarak terukur secara vertical dari titik nol (titik awal) merupakan nilai Y (pada sumbu Y).
Ada dua Koordinat system pada autocad yang kita ketahui, yaitu: WCS dan UCS, WCS yaitu Wordl Coordinate System (system koordinat dunia) sedangkan UCS adalah User Coordinate System (system koordinat pengguna). Secara default, kedua sistem ini bertepatan dalam gambar baru.
Sistem Koordinat
Biasanya dalam tampilan 2D, Sistem WCS secara default sumbu X adalah arah horizontal dan sumbu Y adalah arah vertikal. Permulaan WCS adalah di mana sumbu X dan Y berpotongan sehingga mempumyai koordinat awal (0,0). Semua objek dalam file gambar ditentukan oleh koordinat WCS. Namun, biasanya lebih mudah untuk membuat dan mengedit objek berdasarkan UCS yang dapat digerakkan.
Secara default ketika kita memulai gambar baru (kosong), kita menggunakan World Coordinate System (WCS). Ini adalah permulaan koordinat kita yaitu (0,0,0). Melihat ikon UCS, pada navigator Box memberitahu kita bahwa, kita menggunakan Sistem Koordinasi Dunia. Seperti yang ditunjukkan di bawah kompas. Pada gambar di bawah kompas/navigator box kita dapat melihat WCS aktif. Ketika mengklik panah itu menunjukkan Anda memiliki WCS aktif dan memberi Anda pilihan untuk membuat Sistem Koordinat Pengguna baru (UCS). 
Koordinat WCS dan UCS pada AutoCAD
User Coordinate System (UCS) oleh Pengguna boleh sembarang menentukan titik awal penggambaran. Metodan ini disebut dengan metoda relatif. Sama seperti pada mesin CNC, metoda pemprograman juga dikenal secara utama 2, yakni metoda absolut dan metoda inkremental. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metoda relatif adalah sama dengan metoda inkremental. Metoda penggambaran absolut adalah metoda penggambaran dengan berbasis pada satu titik yang disebut dengan datum point. Bentuk bagaimanapun gambar yang dibuat, basis penggambarannya selalu berbasis pada titik awal pertama yang berada pada titik WCS. Metoda penggambaran relatif adalah metoda dengan banyak titik awal, tergantung jumlah entiti (objek) yang digambar, di mana bahwa pada metoda relatif akhir langkah penggambaran entiti terdahulu menjadi awal langkah penggambaran entiti berikutnya.
Sebagai contoh: Jika kita ingin menetapkan gambar ke titik nol yang baru ditentukan, sehingga kita dapat menggunakan titik tertentu itu sebagai titik awal untuk sistem koordinat yang perlu kita gunakan, kita dapat memindahkan UCS ke titik baru tersebut. Titik itu akan menjadi titik (0,0,0). kita bahkan dapat mengubah sudut UCS jika diperlukan. Anda dapat menamai dan menyimpannya, sehingga Anda dapat beralih di antara mereka. Di Paper space kita harus ingat bahwa UCS hanya memiliki titik (0,0): Koordinat ‘X’ dan ‘Y’.

MATERI SELANJUTNYA èAUTOCAD USER INTERFACE DAN COMMAND

Post a Comment for "SISTEM KOORDINAT PADA AUTOCAD"