Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Thursday, October 17, 2019

CARA MEMBUAT/MENAMPILKAN ETIKET DEFAULT PADA CATIA

    Kadang seorang Desainer malas dalam membuat Etiket, karena pekerjaan kecil ini selain menyita waktu juga membuat ribet juga. Etiket merupakan identitas yang harus ada pada blueprint atau dokumen gambar teknik, baik itu pada gambar manual maupun elektronik, baik kertas A4 ataupun A0.
   Pada CATIA ada acara untuk membuat etiket secara default dan otomatis, dengan adanya etiket yang sudah tersedia maka desainer tidak membuang-buang waktu dalam membuat etiket ini. 
Untuk menampilkan etiket pada catia dapat mengikuti cara-cara berikut:
  • Buka software CATIA
  • kemudian klik Start=>Mechanical design=>Drafting
Membuka workbench dafting pada CATIA
  • Kemudian akan muncul kotak dialog yang menampilkan pilihan standard, kertas yang digunakan, dan posisinya. Pilih standard ISO, untuk sheet style boleh pilih kertas A3/bebas. Posisi kertas portrait atau landscape, pilih salah satu hingga tercentang biru, kemudian klik OK.
  • Langkah selanjutnya adalah klik Editèsheet background è frame and title block (ikuti perintah seperti gambar di bawah). Pada Catia, etiket diletakkan sebagai background yang hanya bisa di edit dengan mengakses edit kemudian sheet background. Hal ini dimaksudkan agar etiket dan gambar kerja tidak menyatu jadi satu bagian dalam proses edit. jadi untuk pengeditan gambar kerja dan etiket dilakukan secara terpisah.
Frame and Title Block
  • Setelah klik frame and title block, maka akan mucul kotak dialog seperti gambar di bawah. Pada style of title block dapat dipilih jenis etiket yang diinginkan, hasil preview etiket dapat dilihat dari gambar yang tampil pada bagian kanan.
jenis title block/etiket
  • Kemudian klik OK...maka Etiket akan tampil seperti gambar dibawah.
Tampilan Etiket Default

Bagaimana untuk EDIT ETIKET??

Untuk proses pengeditan huruf pada etiket dapat dilakukan dengan klik 2x pada huruf yang diinginkan. Atau etiket dapat ditambah ataupun dikurangi sesuai selera.
Edit Etiket
Kemudian klik OK.
Setelah proses pengeditan selesai, maka langkah selanjutnya  adalah keluar dari proses etiket dengan cara EditèWorking View. Dengan langkah terakhir ini sudah dapat melanjutkan proses pembuatan gambarkerja.

~~~ Selamat Mencoba~~~

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS