Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Tuesday, October 01, 2019

Tutorial CATIA menggunakan perintah SHAFT

Shaft digunakan untuk membuat gambar 3 dimensi yang berbentuk silindris dengan cara memutar pada sumbu pusatnya. Shaft ini memerlukan sumbu axis yang akan dijadikan sumbu putar. Perputaran dapat secara full 360 derajat atau sebagian saja, misal 180,270,dll.
Berikut Langkah-langkah menggunakan feature shaft:
  • Masuk dalam workbench part design dengan cara klik Start>> Mechanical design>> Part Design. Kemudian akan uncul kotak dialog dan disuruh untuk memberi nama objek yang akan digambar >> OK
membuka part design
  • Membuat sketch dengan meng-klik tombol sketch kemudian pilih salah satu plane yang tersedi pada layar ataupun pada tree. Untuk belajar tentang sketch silakan klik disini.
memilih plane pada tree

  • Sketch pada kali ini diperlukan suatu garis yang akan digunakan untuk sudut putar, sumbu dapat menggunakan axis khusus maupun garis benda itu sendiri. Semua tergantung kebutuhan desainer.
icon Axis
Caranya >> klik icon Shaft, akan muncul kotak dialog. Isikan first angle 360 degree dan selection sumbu putar dengan memilih garis yang akan digunakan sebagai sumbu putar/axis (lihat gambar dibawah).
pemilihan sumbu langsung pada profil sketch 
Gambar diatas adalah cara proses shaft tanpa membuat axis bantuan, pada first angle dapat di atur sesuai kebutuhan. Kemudian untuk menentukan axis pada selection diisi dengan meng-klik garis yang dijadikan sebagai sumbu, seperti yang ditunjuk tanda panah. Sedangkan Sumbu putar yang sudah dibuat axis sebelumnya akan otomatis terdeteksi sebagai sumbu putar pada saat proses shaft berlangsung.
perbedaan pemilihan sumbu
=> Perbedaan gambar diatas adalah terletak pada sumbu putar yang dipilih, gambar pertama sumbu putar yang dipilih adalah garis batas bawah pada gambar itu sendiri. Maka hasilnya bisa dilihat di kanan, tanpa lubang.
=> Sedangkan gambar kedua, dibuat sumbu axis tersendiri (lihat gambar). Sumbu axis bisa dibuat dengan feature axis pada workbench sketch. Karena ada jarak antara sketch gambar dan axisnya, Maka hasilnya adalah berlubang seperti pada gambar.
shaft 270 derajat tanpa thick profile
Gambar diatas adalah penampakan gambar 3D yang diputar dengan sudut 270 derajat tanpa di klik thick profile. Sedangkan gambar dibawah adalah hasil shaft dengan mencentang thick profile, efek dari mencentang thick profile adalah gambar 3D menjadi berongga, dinding sketch memiliki ketebalan tertentu yang dapat di atur pada kotak dialog bagian kanan.
shaft 270 dengan thick profile
Thickness 1 untuk menambah ketebalan ke sisi dalam
Thickness 2 untuk menambah ketebalan ke sisi luar

MATERI SELANJUTNYA ==> PERINTAH RIB PADA CATIA

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS