Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Tuesday, November 12, 2019

Membuat dan Mengatur Layer pada AUTOCAD

         Layer merupakan lapisan sebagai tempat obyek yang berbeda karakteristiknya, seperti jenis garis, ketebalan garis, warna, fungsi obyek, dan lain sebagainya. Jadi layer dapat disamakan dengan lembaran kertas, di mana masing-masing obyek yang berbeda karakteristinya ditempatkan. Untuk menata layer ini, lakukan prosedur berikut:
Command: Layer atau LA kemudian Enter è akan kotak dialog ”Layer Properties Manager”.
Layer Properties Manager

Layer Properties Manager yang muncul seperti yang ditunjukkan di atas. Secara bawaan, AutoCAD sudah menyediakan Layer 0 yang tidak dapat diubah maupun dihapus.
Untuk memulai pembuatan layer, 
Tekan tombol New Layer, akan muncul blok untuk layer berikut dengan nama ”Layer1”. Perhatikan, bahwa kursor juga duduk pada kata Layer1, itu berarti boleh diganti, misalnya dengan ”Grs_Sumbu”. 
Selanjutnya Anda boleh memilih warna dengan mengklik kotak dibawah kolom ”Color”, akan tertayang kotak dialog ”Select Color”. Pilihlah warna yang Anda suka dalam hal ini dipilih warna nila, lalu klik OK.
Membuat Layer Baru
Untuk memilih jenis garis, klik kata ”continuous” dan akan tertayang kotak dialog ”Select Line Type”. Jika jenis garis dalam kotak dialog ”Select Line Type” belum tersedia, klik tombol lunak ”Load”, akan muncul kotak dialog ”Load or Reload Line Types” lalu gunakan panah gulung untuk memilih jenis garis yang diperlukan. Dalam contoh ini dipilih ”Iso Dash”. Kalau sudah klik OK, untuk kembali ke kotak dialog ”Select Line Type”, pada kotak ini, klik jenis garis yang baru dipilih, lalu klik OK, untuk kembali ke kotak dialog ”Layer Properties Manager”. 
Memilih Garis
Terakhir Klik kata ”Default” yang ada pada kolom ”Lineweight” akan tertayang kotak dialog ””Lineweight”. Pada kotak dialog ini, gunakan panah gulung untuk memilih ketebalan garis yang dibutuhkan, dalam hal ini dipilih 0.25 mm, lalu kliik tombol lunak OK.
Ketebalan Garis

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS