Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Friday, November 08, 2019

Setup Satuan Gambar (Drawing Unit) dan Setup Daerah Gambar (Drawing Area)

Persiapan Gambar (Setting)

Untuk memulai penggambaran, seperti halnya dalam menggambar manual, perlu disiapkan beberapa peralatan yang akan digunakan. Pada menggambar manual harus disiapkan meja gambar, penggaris dengan satuan yang sesuai (metric atau English) dan yang lainnya. Begitu pula di AutoCAD, beberapa setting harus dilakukan sebelum memulai penggambaran.

A. Setup Satuan Gambar (Drawing Unit)


Pada dasarnya satuan yang digunakan oleh AutoCAD adalah universal. Tetapi, karena setiap gambar dibuat dengan satuan tertentu sebagai ukuran, jika menggunakan penggaris, umumnya terdapat 2 satuan yaitu mm (mili meter) dan in (inch). Agar gambar yang dibuat konsisten dalam unit, maka harus terlebih dahulu diatur penggunaan satuan ini.
Perintah units dari menu drop-down dan beberapa pengaturannya.
Perintah dapat dilakukan dengan memilih dari beberapa perintah berikut:
    • Menu bar è [Format] è [Units], atau
    • Command: UNITS (UN) [SPACEBAR]
Unit diatur berdasarkan kebutuhan, dalam tutorial ini digunakan jenis Decimal, begitu juga untuk satuan sudut yaitu Decimal Degrees. Untuk satuan bawaan adalah satuan English yaitu inch, dapat dipindahkan ke millimeters. Selanjutnya pilih presisi yang dikehendaki, pilih 2 angka di belakang koma dan pilih OK.

B. Setup Daerah Gambar (Drawing Area)

Daerah gambar di AutoCAD pada dasarnya tidak terbatas, tetapi untuk keperluan pembatasan sesuai keperluan perlu diatur batas-batasnya. Pembatasan dilakukan dengan perintah Drawing Limits. Pembatasan ini digunakan juga sebagai batas jika dilakukan pembesaran layar penuh. (Zoom Extend).
Setting batas area gambar 
Perintah dapat dilakukan dengan memilih dari beberapa peintah berikut:
    • Menu bar è [Format] è [Drawing Limits], atau 
    • Command: LIMITS [SPACEBAR] 
Untuk batas kiri bawah (lower left corner) ikuti saja dengan nilai bawaannya (default) yaitu: 0,0 (langsung tekan ENTER) dan sudut kanan atas (upper right corner), masukkan angka 210,297 (kertas A4). Untuk melihat seluruh batas daerah gambar dapat menggunakan perintah:
Pada Menu Bar, [View] è [Zoom]  è [All]

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS