Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Monday, September 21, 2020

Tutorial Catia; CARA MEMBUAT GAMBAR POTONGAN (SECTION VIEW) PADA DRAFTING

Dalam penyajian gambar teknik terkadang ada informasi tersembunyi yang tidak dapat dilihat di dalamnya, padahal informasi tersebut harus disampaikan kepada operator. Maka dari itu diperlukan gambar potongan untuk mengemukakan informasi tersebut.

Pada software catia, gambar potongan dapat dibuat dengan beberapa metode tergantung jenis potongan apa yang akan dibuat.

Potongan penuh

Langkah untuk membuat potongan penuh sebagai berikut : pastikan gambar yang akan dipotong aktif ditandai dengan garis tepi yang berwarna oranye, kalau belum berwarna oranye maka gambar tersebut tidak dapat dipotong. Untuk mengaktifkannya dilakukan klik 2x pada garis titik-titik tersebut.

Klik Offset Section View >> arahkan dan klik pada titik awal (klik ke-1) obyek yang akan dipotong >>  klik 2x pada titik akhir garis potongan (klik ke-2) >> kemudian geser kursor ke kanan dan klik 1x maka akan muncul hasil gambar potongan. (perhatikan gambar dibawah)

potongan penuh

Untuk mengatur garis arsiran dapa dilakukan dengan klik 2x pada garis arsiran kemudian atur ANGLE dan PITCH. Kemudian klik OK.

properties arsiran

POTONGAN SEBAGIAN / BREAKOUT VIEW

Breakout view digunakan untuk membuat potongan sebagian (lokal) guna menunjukkan bentuk dan ukuran bagian yang tidak kelihatan (lihat contoh gambar dibawah).

Untuk membuat gambar potongan jangan lupa aktifkan pandangan yang akan dipotong dengan cara klik 2x titik2 yang mengelilingi pandangan yg akan di potong sehingga garis-garis berwarna oranye.

Klik ikon breakout view kemudian buat klik mengelilingi obyek yang akan dibuat potongan sebagian (lihat contoh dibawah) dan pastikan titik akhir menyatu dengan titik awal, titik-titik tersebuat akan menjadi garis yang mengelilingi obyek mengikuti titik yang dibuat tadi >> akan muncul kotak dialog kemudian klik OK.
proses breakout view

POTONGAN MELONCAT

Potongan meloncat digunakan untuk menampilkan ukuran/bentuk bagian dalam yang tidak dalam sat ugaris lurus. Memotong sesuai contoh obyek dibawah Caranya adalah klik ikon Offset Section View >> klik ke-1 dibagian awal obyek pemotongan, kemudian Tarik lurus kebawah dan klik titik ke-2 >> geser kekanan tanpa melakukan klik,  kemudian Tarik kebawah dan lakukan klik pada titik ke-3 (lakukan 2x klik untuk mengakhiri proses).

Setelah itu geser mouse ke kanan dan akan muncul hasil potongan meloncat tadi, untuk mengakhiri perintah klik di uang kosong sekali. (lihat gambar contoh dibawah)

Potongan Meloncat

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS