Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ALAT UKUR PANJANG; PENGGARIS / MISTAR UKUR

Mistar merupakan salah satu jenis alat ukur yang sederhana, pada umumnya dibuat dengan menggunakan bahan plat baja atau kuningan dimana pada kedua sisi permukaanya diberi skala metrik dan inchi. 

Mistar ukur memiliki skala utama dengan satuan centimeter, jarak antara angka2 yang berdekatan pada skala utama  adalah 1 centimeter. Mistar ukur juga memiliki skala terkecil dengan satuan milimeter. jarak antar garis-garis yang berdekatan pada skala terkecil adalah 1 milimeter. mistar ukur juga memiliki ketelitian setengah dari nilai skala terkecil, skala terkecil pada mistar ukur adalah 1 milimeter sehingga setengah dari nilai skala terkecil adalah 0,5 milimeter.

macam mistar ukur

panjang dari skala ukurannya adalah 150 mm - 300 mm dengan kecermatan 0,5 atau 1 mm. pengukuran dilakukan dengan menempelkan mistar ini pada obyek ukur sehingga panjang dari obyek ukur dapat langsung dibaca pada skala mistar ukur.

karena mistar ini memiliki kecermatan pembacaan tidak lebih kecil dari 0,5 mm, maka mistar ukur tidak dapat digunakan untuk pengukuran dengan kecermatan tinggi layaknya jangka sorong dan mikrometer. 

dalam ilmu metrologi, mistar ukur/penggaris hanya dipakai untuk memperkirakan dimensi obyek ukur serta untuk melakukan penggambaran secara kasar. 

ujung dari mistar ukur terkadang deberi pengait, sehingga pengukuran dapat dimulai dari ujung benda ukur. mistar ukur yang digunakan praktek mesin dibuat dari baja paduan nikel.

bagaimana cara mengukur panjang lebih dari 300 mm? untuk mengukur lebih dari 300 mm dapat menggunakan meteran lipat atau meteran gulung. Seiring berkembangnya zaman, sekarang ada meteran yang hanya menggunakan sinar laser untuk mengukur jarak.

Variasi Mistar Ukur

meteran lipat, biasanya dibuat dari aluminium atau baja. dilihat dari bentuk meteran lipat, sebenarnya merupakan gabungan dari mistar ukur dengan sambungan engsel pada setiap ujungnya. kelemahan meteran lipat adalah ada kemungkinan aus pada engsel dan ketidaklurusan saat proses pengukuran , sehingga meteran lipat tidak akan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan penggunaan mistar ukur biasa.

meteran gulung, dibuat dari plat baja tipis yang dapat digulung dan disatukan dalam satu wadah. penggulungan dapat dipermudah dengan bantuan suatu pegas. pada ujung meteran ini diberi pengait guna mempermudah pengukuran.

Penggaris Laser, penggaris canggih ini digunakan untuk mengukur dengan jarak yang panjang dan tidak bisa dijangkau oleh mistar gulung. satuan dari penggaris gulung adalah satuan meter. penggaris ini penggunaanya sangat mudah karena hanya menembakkan laser ke tempat yang akan diukur, maka dilayar akan menampilkan hasil pengukuran. 

Posting Komentar untuk "ALAT UKUR PANJANG; PENGGARIS / MISTAR UKUR"