Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KENALI JENIS MATERIAL MATA BOR, MANA YANG COCOK BUAT MATERIALMU??

Mari kita membahas satu persatu mulai dari material yang dipakai dalam membuat mata bor, berikut material yang digunakan dalam membuat mata bor, antara lain:

Bahan Pembuat Mata Bor

HIGH-SPEED STEEL (HSS)

baja berkecepatan tinggi adalah bahan yang paling dasar dalam pembuatan mata bor. Merupakan jenis mata bor yang paling murah dan digunakan untuk mengebor dengan tujuan umum. 
Banyak digunakan pada pengeboran menggunakan bor meja dan bor tangan, serta mata bor mudah diasah ulang guna memperpanjang umur mata bor.

HIGH-SPEED STEEL COBALT (HSS+Co)

baja berkecepatan tinggi ini ditambahkan dengan bahan cobalt. Mata bor dengan jenis ini mempunyai daya tahan yang lebih baik dari mata bor HSS generic, cobalt memberikan efek lebih tahan panas dan tahan aus serta juga masih mudah di asah ulang seperti mata bor bahan HSS generic.

CARBIDE

mata bor dari bahan ini adalah jenis yang paling mahal tetapi bahan bor yang tahan lama. Keunggulan mata bor jenis ini adalah tahan panas yang lebih baik dan chip resistance (tidak luka terkena chip saat proses pengeboran).

Lubang Cairan Pendingin pada Mata Bor

Jenis ini memungkinkan menambahkan cairan pendingin memasuki lubang mata bor untuk alasan pengeboran lubang yang dalam dan material keras. 
Jadi coolant yang diberikan mesin bor dapat mengalir melalui mata bor, dengan cairan pendingin bertekanan tinggi yang mengalir ke mata bor maka akan mengeluarkan chip jauh lebih baik, menjaga zona pemotongan tetap dingin, dan memberikan pelumasan ekstra untuk mencegah keausan.

>>> MANA YANG TANGGUH??

Meskipun mata bor cobalt ini dapat membuat lubang di sebagian besar material, karbida akan lebih jauh lebih awet dari kobalt 10 atau 20 kali. 

Dengan kata lain, jika bor kobalt dapat membuat 100 lubang maka bor karbida akan membuat 1000 atau 2000 lubang.

Perlu kita ketahui bahwa Bor karbida berharga 10 kali lipat dari harga mata bor kobalt, sehingga investasi alat akan jauh lebih tinggi. 

Meski harganya tinggi tetapi biaya per lubangnya saat menggunakan karbida akan menjadi yang terendah (murah), karena bisa menghasilkan lebih banyak lubang dan juga karbida mampu mengebor sampai lima kali lebih cepat sehingga waktu siklus sangat efektif untuk menghasilkan lubang-lubang yang banyak dalam waktu singkat.

BACA >> 3 HAL PENTING DALAM PEMILIHAN MATA BOR YANG TEPAT

Posting Komentar untuk "KENALI JENIS MATERIAL MATA BOR, MANA YANG COCOK BUAT MATERIALMU??"