Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JENIS LAPISAN PADA MATA BOR DAN KEGUNAANYA

Terkadang saat kita praktek di sekolah atau sekolah atau maupun proyekan dirumah, kita sering melihat dan menggunakan mata bor untuk membantu melubangi material yang kita punya.

tapi kadang kita cuek saja mengapa warna mata bor berbeda beda, kita pilih yang mana nih? hitam, kuning atau putih?

Nah kali ini kita akan membahas tentang bagaimana memilih lapisan mata bor yang tepat untuk material yang akan kita lubangi?

Keputusan memilih lapisan ini sangat berpengaruh dalam kinerja pengeboran, ada beberapa opsi lapisan yang ada pada mata bor, antara lain:

Jenis Lapisan pada Mata Bor

BRIGHT FINISH

mata bor dengan lapisan yang cerah adalah jenis mata bor yang termurah menurut jenis lapisannya. Mata bor jenis ini berjalan denganbaik dalam aplikasi tertentu seperti pengeboran pada bahan baja karbon rendah dan aluminium, keduanya dapat dibor dengan hasil akhir yang baik dan mata bor tidak ada masalah.

BLACK OXIDE

oksida hitam lebih unggul dari mata bor jenis pertama (bright finish) karena memiliki pelumasan yang lebih banyak dan memiliki ketahanan terhadap oksidasi serta perlakuan panas yang dilakukan pada mata bor jenis black oxide ini dapat mempertahankan umur bor 50% lebih lama sehingga biaya perkakas tetap rendah.

TITANIUM NITRIDE (TiN)

TiN adalah lapisan entry level yang bagus untuk aplikasi pengeboran karena suhu tinggi tidak akan ditransfer ke mata bor tersebut saat memotong bahan yang lebih keras atau sangat keras. Mata bor ini memiliki warna emas yang cerah.

TITANIUM CARBONENITRIDE (TiCN), 

TiCN merupakan pengembangan yang lebih baik dari TiN. Lapisan jenis ini memberikan kinerja  yang lebih baik dari lapisan TiN dan lebih tahan aus. Mata bor dengan lapisan ini dapat dikenali dengan warnanya yang biasanya berwarna kebiruan atau ungu.

TITANIUM ALUMINUM NITRIDE (TiAIN), 

memiliki suhu permukaan yang jauh lebih tinggi dari TiN dan TiCN, lapisan berwarna abu-abu dan sangat baik untuk pekerjaan dengan suhu tinggi. Merupakan pilihan yang bagus untuk pengeboran baja dan baja tahan karat (stainless steel) tetapi tidak baik untuk mengebor bahan aluminium dikarenakan kandungan aluminium pada mata bor jenis ini.

>>>> PEMBAHASAN <<<<

Pada umumnya pabrik akan menggunakan mata bor berlapis TiN saat mengerjakan mild steel, dikarenakan peningkatan dan ketahanan panas sama dengan umur panjang.

Sedangkan untuk mengebor material besi tuang digunakan mata bor berlapis TiCN, ini dimaksudkan untuk menunjukkan ketangguan dan ketahanan yang baik terhadap chipping.

Kemudian saat kita akan memotong baja yang lebih keras dan berkekuatan tinggi, kita harus menaikkan level lapisan ke lapisan TiAIN, lapisan ini dimaksudkan untuk menangani panas dan tekanan tinggi dimana lapisan membantu memantulkan panas kembali ke chip dan jauh dari alat dan benda kerja.

Untuk mengebor bahan yang sulit, direkomendasikan menggunakan matabor dengan material cobalt dengan lapisan TiN atau TiCN. Cara ini adalah cara yang relative murah untuk produktivitas yang tinggi.

Saat kita akan berbelanja mata bor di toko sekitar kita dengan harga yang bervariasi, kita dapat mencari mata bor dengan pelapis yang baik seperti yang kita bahas diatas.

BACA >> 3 HAL PENTING DALAM PEMILIHAN MATA BOR YANG TEPAT

Posting Komentar untuk "JENIS LAPISAN PADA MATA BOR DAN KEGUNAANYA"