Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ALAT UKUR LINIER ; PENGUKURAN DENGAN MIKROMETER SEKRUP

Apakah ada alat ukur linier yang mempunyai kecermatan yang lebih baik dari jangka sorong? Mikrometer jawabanya, karena alat ukur ini memiliki kecermatan sampai dengan 0,01 mm. walaupun namanya mikrometer tetapi sebenarnya kecermatannya tidak mencapai 1 mikrometer.
Bagian Utama Mikrometer Sekrup

Deskripsi bagian utama mikrometer :
  • Rangka baja berbentuk U: Mikrometer memiliki rangka berbentuk “U” atau “C”.
  • Anvil dan Spindle: Mikrometer memiliki landasan tetap yang menonjol 3 mm dari sisi kiri bingkai (anvil). Landasan lainnya bisa bergerak yang berada pada sisi depan poros.
  • Mur pengunci / Lock Nut : Mur pengunci disediakan pada spindel mikrometer untuk mengunci saat mikrometer berada pada pembacaan yang benar.
  • Sleeve atau Barel: Sleeve dibagi secara akurat dan ditandai dengan jelas dalam pembagian 0,5 mm sepanjang panjangnya, yang berfungsi sebagai skala utama.
  • Thimble: Thimble dapat digeser dengan cara memutarnya. Timble Ini memiliki 50 pembagian melingkar yang sama di sekitar kelilingnya. Setiap strip memiliki nilai 0,01mm.
  • Ratchet: Ratchet disediakan di ujung. Ini digunakan untuk memastikan pengukuran yang akurat dan untuk mencegah terlalu banyak tekanan yang dilakukan pada mikrometer.
Komponen terpenting dari mikrometer adalah ada pada ulir utama. Dengan memutar silinder putar satu putaran maka poros ukur akan bergerak linier sepanjang satu kisar sesuai dengan pitch dari ulir utama, biasanya sebesar 0,5 mm.
Ulir Utama pada Mikrometer

Mengapa kemampuan ukur mikrometer hanya pendek?

Walaupun alat ukur ini dikenal sangat teliti, tetapi kesalahan akan selalu ada. Apabila poros ukur digerakan mulai dari nol sampai batas akhir maka kesalahan kisar ini akan terkumpul sehingga menimbulkan kesalahan kumulatif. Oleh karena itu untuk membatasi kesalahan kumulatif, maka panjang ulir utama hanya dibuat sampai 25 mm. walaupun ada juga yang dibuat sampai 50 mm tetapi pada umumnya dibuat sampai 25 mm.

Cara menggunakan alat ukur mikrometer sekrup

Beberapa yang perlu diperhatikan dalam menggunakan mikrometer sekrup, antara lain ;
  1. Permukaan benda yang akan diukur dan mulut ukur harus bersih dari kotoran baik debu maupun geram bekar proses pemesinan, adanya kotoran yang menempel dapat menyebabkan kesalahan ukur dan merusak permukaan mulut ukur mikrometer.
  2. Sebelum menggunakan mikrometer kedudukan nol harus diperiksa. Kedudukan nol dapat distel dengan cara merapatkan mulut ukur dan kemudian putar silinder tetap dengan menggunakan kunci penyetel sampai garis referensi dari skala tetap bertemu dengan garis nol dari skala putar.
  3. Bukalah mulut ukur sampai sedikit melebihi dimensi obyek ukur, apabila obyek ukur terlalu lebar maka poros ukur dapat digerakan dengan cepat dengan cara menggelindingkan silinder putar pada telapak tangan.
  4. Benda ukur dipengang dengan tangan kiri dan mikrometer dengan tangan kanan. Rangka mikrometer diletakkan pada tapak kanan dan ditahan oleh kelingking, jari manis serta jari tengah. Ibu jari digunakan untuk memutar silinder putar.
  5. Hindari penekanan yang terlalu berlebihan pada saat mengukur obyek ukur, hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya deformasi pada obyek ukur dan kerusakan pada ulir utama. Hasil pengukuran dapat dibaca setelah memutar silinder putar melalui ratchet atau gigi gelincir hingga terjadi suara klik 1x. jangan lupa gunakan perasaan dengan baik sewaktu memutar ratchet.

Posting Komentar untuk "ALAT UKUR LINIER ; PENGUKURAN DENGAN MIKROMETER SEKRUP"