Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ALAT UKUR KETINGGIAN; PENGUKURAN MENGGUNAKAN HEIGHT GAUGE / MISTAR INGSUT KETINGGIAN

Height gauge berfungsi sebagai pengukuran ketinggian dari benda kerja sekaligus sebagai penanda atau penggores. Alat ukur ini memiliki rahang ukur yang dapat digerakkan kearah vertical relative terhadap batang berskala yang tegak lurus dengan landasannya.

Untuk menggunakan alat ukur ini diperlukan suatu bidang datar yang berfungsi sebagai referensi dasar pengukuran. Pada umumnya digunakan meja rata yang merupakan satu-satunya alat ukur bantu yang harus dipakai untuk meletakkan height gauge bersama-sama dengan benda ukurnya.

Bagian-Bagian Height Gauge

Bagian-bagian Height Gauge

Fungsi Height Gauge

Mistar ingsut jenis height gauge ini dapat dipakai untuk berbagai jenis pengukuran, antara lain :

1. Mengukur Ketinggian

Yaitu mengukur tinggi suatu permukaan benda kerja terhadap bidang datar atau permukaan meja rata. Dalam penggunaanya permukaan rahang ukur harus dengan hati-hati ditempelkan pada permukaan benda ukur, apabila diperlukan bisa dengan menggunakan mur penyetel halus.

Mengukur ketinggian (height gauge)

Perhatian : Penekanan yang terlalu kuat atau benturan yang keras akan menyebabkan terjadinya kesalahan dalam pengukuran, karena rahang ukur akan melentur atau posisi height gauge menjadi miring.

2. Membuat Garis Gores

Dalam praktek meja bangku sangat diperlukan alat gores untuk menandai benda kerja yang akan dikerjakan (dikikir, digergaji, dll). Dengan menggunakan alat ukur height gauge ini dapat digunakan untuk membuat garis gores, ujung dari rahang ukur memiliki bentuk yang runcing serta dibuat dari bahan karbida yang sangat keras sehingga dapat digunakan untuk membuat garis goresan pada permukaan benda kerja dengan ketinggian tertentu.

Menggores dengan Height Gauge

3. Alat Ukur Pembanding

Rahang ukur pada height gauge dapat diganti dengan jam ukur atau dial comparator, sehingga selisih ketinggian dari dua permukaan yang tingginya hampir sama dapat dibaca pada jam ukur.

membandingkan ketinggian dengan benda yang lain 

Pupitas juga dapat dipasang pada peluncur dari height gauge, dengan demikian dimungkinkan dilakukan pengukuran dengan kecermatan yang lebih tinggi. Pembacaan skala mistar ingsut dilakukan setelah jarum pada skala pupitas menunjukkan angka nol.

4. Alat Ukur Kemiringan

Busur bilah dapat dipasang pada peluncurn sehingga kemiringan suatu permukaan benda kerja terhadap meja rata dapat diketahui.

Posting Komentar untuk "ALAT UKUR KETINGGIAN; PENGUKURAN MENGGUNAKAN HEIGHT GAUGE / MISTAR INGSUT KETINGGIAN"