Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Mesin Bubut

Ada berapa macam/jenis pada mesin bubut yang kita ketahui?
    Ada tujuh jenis mesin bubut yang digunakan. Yaitu [1] speed lathe machine, [2] engine lathe machine, [3] bench lathe machine, [4] Toolroom lathe machine, [5] capstan & Turret lathe machine, [6] special-purpose lathe machines, [7] Automatic lathe machine.
Baca juga => Bagian-bagian Utama pada Mesin Bubut

1. Mesin Bubut Speed / Speed Lathe Machine (untuk pekerjaan kayu)

    Mesin Bubut Speed/Speed Lathe Machine memiliki konstruksi yang sangat sederhana, jenis ini hanya terdiri dari bed, headstock, tailstock dan toolpost. Pada mesin bubut jenis ini tidak terdapat box penyetel feed, lead screw, atau eretan.
Mesin Bubut Kayu
    Pahat dapat dipasang pada slide yang dapat disesuaikan dan dalam pekerjaan bubut ini murni dengan kontrol tangan. konstruksi headstock sangat sederhana, hanya memiliki dua atau tiga kecepatan spindel yang tersedia.

    Speed Lathe Machine memiliki kedalaman potong yang lebih sedikit, gaya ringan dan kecepatan tinggi, digunakan untuk pengerjaan kayu, pemintalan, pemusatan, dan pemolesan. Kalau di Indonesia, mesin bubut jenis ini adalah mesin bubut kayu.

2. Mesin Bubut Standar / Engine Lathe Machine

    Jenis mesin bubut ini merupakan mesin bubut yang paling banyak digunakan, mesin ini digerakkan oleh mekanisme gear maupun mekanisme pulley. Nama mesin bubut diberikan karena mesin bubut sebelumnya digerakkan oleh mesin uap.
Mesin  Bubut Standar
    Mesin bubut Standar memiliki semua bagian yang mirip dengan mesin bubut kayu. headstock mesin bubut terpasang rigid dalam konstruksi dan memiliki mekanisme tambahan untuk mendapatkan beberapa kecepatan spindel.

    Mesin bubut ini dapat memotong di kedua arah, yaitu arah melintang dan membujur dengan bantuan carriage, feed, dan lead screw. Jenis mesin Bubut ini  banyak digunakan di kalangan bengkel maupun Industri.

3. Mesin Bubut Bangku / Bench Lathe Machine.

    Mesin bubut bangku berukuran kecil dan digunakan untuk pekerjaan presisi yang sangat kecil. mesin ini dipasang di bangku, jenis ini memiliki semua bagian mesin bubut yang pada umumnya. mesin bubut bangku dapat melakukan hampir semua operasi mesin bubut dan kecepatan bubut. perbedaannya hanya pada ukurannya yang kecil.
Mesin Bubut Bangku

4. Toolroom Lathe Machine / Mesin Bubut Toolroom

    seperti namaya, mesin  ini berada di sebuah ruangan yang tidak terlalu besar atau cenderung kecil. Mesin bubut toolroom sama dengan mesin bubut mesin pada umumnya. 
Mesin Bubut Toolroom
    Jenis ini memiliki berbagai kecepatan, kecepatan spindel dapat distel dari sangat rendah hingga kecepatan yang cukup tinggi hingga 2500 rpm. Mesin bubut toolroom lebih mahal dibandingkan dengan mesin bubut, karena dapat digunakan dalam grinding, serta pekerjaan machining yang memiliki keakuratan yang cukup tinggi.

5. Mesin Bubut Capstan & Turret

    Mesin Bubut Capstan & Turret digunakan dalam pekerjaan produksi. Mesin bubut ini merupakan pengembangan dari mesin bubut yang ada sebelumnya. mesin ini terdapat kepala Turret heksagonal, bukan tailstock. Mesin bubut ini terdiri dari tiga toolpost, di mana beberapa pahat dapat dipasang ke dalam pekerjaan dalam urutan yang tepat.
Mesin Bubut Capstan & Turret
    keuntungan utama adalah bahwa operasi dan pahat–pahat yang berbeda dapat menghasilkan dalam jumlah waktu yang sangat sedikit. Mesin Bubut Capstan & Turret membutuhkan lebih banyak ruang daripada mesin bubut lainnya dan hanya digunakan untuk pekerjaan besar.

6. Mesin Bubut Khusus / Special Lathe Machine

    sesuai dengan namanya, jenis mesin bubut ini digunakan untuk keperluan khusus dan untuk pekerjaan produksi. pada mesin bubut ini dilakukan Operasi Khusus seperti drilling, penggerindaan, reaming, pemboran, dll.
Mesin Bubut Khusus
mesin bubut tujuan khusus adalah mesin bubut roda, mesin bubut rudal, dll.

7. Mesin Bubut Otomatis / Automatic Lathe Machine

    pada mesin bubut jenis ini semua pekerjaan dilakukan secara otomatis. ini adalah mesin bubut produksi heavy duty berkecepatan tinggi. pada mesin bubut otomatis setelah dilakukan penyetelan pahat maka mesin akan melakukan semua operasi secara otomatis untuk menyelesaikan pekerjaan. 
Di sini pergantian alat dan pengumpan juga otomatis. satu operator dapat mengontrol lima hingga enam mesin bubut otomatis sekaligus.
Mesin Bubut otomatis

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Mesin Bubut "