Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Injeksi Moulding, Salah Satu Metode Manufaktur Bahan Plastik/polimer

    Injection Moulding adalah Metode yang paling umum digunakan untuk Produksi produk Plastik secara Massal. contohnya Kursi, Mainan, box elektronik, Peralatan Makan, serta lego.

    Awalnya Injection Moulding diciptakan untuk memecahkan masalah dalam permainan biliar, yakni bola biliar. Pada abad ke-19 bola bilyar terbuat dari gading yang diambil dari gading gajah Afrika, hal ini mengakibatkan penurunan populasi gajah sehingga pabrikan Biliar menawarkan hadiah $10.000 untuk menggantikan Gading sebagai bahan baku pembuat bola bilyar.

Bola Bilyar dari Gading Gajah
    Tantangan pabrik bilyar tersebut mendorong John Wesley Hyatt mengembangkan salah satu Seluloid Plastik pertama untuk membuat bola bilyar. ia mematenkan alat untuk mencetak produk dari Seluloid. peralatan ini adalah kelahiran dari Injection Moulding plastik.

    Pada prinsipnya, injection molding memiliki proses kerja yang sederhana: yaitu, (1) melelehkan plastik, (2) dimasukkan ke dalam cetakan, dan (3) biarkan dingin dan kemudian jadilah produk plastic sesuai cetakan.

Prinsip Injection Molding

    Tetapi pada kenyataannya, Injection Moulding memiliki proses yang rumit dan kompleks. Pada dasarnya mesin cetak injeksi memiliki tiga bagian utama: yaitu, (1) Unit Injeksi / injection unit, (2) Cetakan / mold, dan (3) Penjepit / clamp (lihat gambar pertama)

    Pelet plastik yang berada di hopper masuk ke dalam laras unit injeksi. di dalam laras, screw mengangkut pelet ke arah depan. Elemen pemanas melilit di badan unit injeksi yang berfungsi untuk proses pemanasan pelet plastik. Pellet plastik dipindahkan ke depan oleh sekrup, yang secara bertahap meleleh, dan seluruhnya cair pada saat pellet mencapai bagian depan laras. 

    Setelah plastic sudah cukup mencair maka dalam hitungan detik, sekrup menyuntikkan plastik cair ke bagian cetakan. plastik mengeras dalam waktu kurang dari satu menit kemudian cetakan terbuka dan produk plastik dikeluarkan. Setelah produk sudah berhasil dikeluarkan maka cetakan kemudian menutup, dan proses berulang kembali.

    Semua objek injection molding dimulai dengan pelet plastik yang berdiameter beberapa milimeter. Pellet plastik dapat dicampur dengan pewarna (colorant) atau dengan bahan daur ulang (recycled material) hingga 15%, kemudian dimasukkan ke dalam mesin cetak injeksi.

Berbagai Pellet Plastik
    Sebelum pertengahan abad kedua puluh mesin cetak injeksi hanya memanaskan bagian permukaan  eksternal laras untuk melelehkan plastik sebelum pendorong menyuntikkan bahan cair. tetapi, karena plastik menghantarkan panas dengan buruk, suhu di plunger tidak merata: bagian tengahnya terlalu dingin dan tidak sepenuhnya meleleh atau bagian luarnya terlalu panas dan merusak plastik.

Masalah dan Solusi Injection Molding

    Solusinya dari masalah ketidakmeratanya lelehan plastic ini adalah dengan menggunakan Reciprocating screw . komponen ini sering dianggap sebagai kontribusi terpenting yang merevolusi industri Plastik di abad ke-20.

    Pada mesin injeksi sebelum menggunakan reciprocating screw bahwa plastik memenuhi tabung silinder sepenuhnya, yang menghasilkan suhu lelehan plastic yang tidak seragam karena bagian tengahnya terlalu dingin dan tidak sepenuhnya meleleh atau bagian luarnya terlalu panas dan merusak plastik.

Maka dari itu dengan menggunakan sekrup reciprocating dapat mengatasi permasalahan diatas dengan 2 alasan:

Pertama, di unit injection molding modern, pellet plastik hanya mengisi ruang di sekitar poros sekrup. hal ini menghilangkan wilayah tengah yang lebih dingin dan membuat lelehan plastik yang lebih tipis dan dipanaskan merata secara keseluruhan.


Kedua, Sekrup ini memiliki flight yang membungkus poros. saat sekrup berputar, flight mengangkut bahan pellet plastik ke depan melalui laras. flight juga berfungsi untuk mencampur plastik. Putaran screw membuat pellet yang meleleh terbawa flight menjadi campuran yang seragam.


Bagi Teman-teman yang membutuhkan pembuatan Cetakan Molding maupun hasil berbagai PRODUK PLASTIK "sesuai pesanan" bisa menghubungi tim marketing kami di nomor WA dibawah ini;

https://wa.wizard.id/bafaff 

"CONTOH HASIL PRODUK INJEKSI PLASTIK PESANAN KONSUMEN" 




Posting Komentar untuk "Injeksi Moulding, Salah Satu Metode Manufaktur Bahan Plastik/polimer"