Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Kode Pada Pensil (2B, HB, F, dll)

        Jika teman-teman sekalian baru masuk pelajaran menggambar Teknik dan ingin tahu apa arti angka dan huruf di ujung pensil, maka tulisan ini cocok untuk Anda pahami.


        Pembahasan kali ini kita akan membahas tentang pensil grafit dan apa arti tulisan yang ada di ujungnya, yang sebagian besar produsen pensil menggunakan huruf dan angka seperti 2B, HB, dll.
        Angka dan huruf yang biasanya terletak di ujung pensil menunjukkan isi grafit dari sebuah pensil. nilai grafit dalam pensil menentukan seberapa keras dan gelap pensil tersebut.
Grafit dan Tanah Liat

        Meskipun namanya pensil grafit sebenarnya tidak mengandung timbal melainkan terbuat dari kombinasi dari grafit dengan tanah liat.
        Grafit adalah mineral unsur alam dengan komposisi C (karbon). Mineral ini memiliki banyak sifat unik. Dengan kata lain, tekstur grafit sangat lembut dan dapat digunakan sebagai. Semakin banyak tanah liat yang ditambahkan ke grafit, maka semakin keras dan ringan pensil tersebut.
        Berikut adalah skala penilaian grafit yang mencantumkan symbol nilai mulai dari 9H hingga 9B.
Tingkat Gelap dan Kekerasan Pensil grafit

        H berarti Hardness

        Nilai ini menunjukkan seberapa keras dan ringan pensil itu. Pensil jenis ini memiliki rasio tanah liat terhadap grafit yang jauh lebih tinggi sehingga membuatnya lebih keras, lebih ringan dan lebih kecil kemungkinannya untuk luntur.
        Semakin tinggi angka sebelum huruf H maka semakin keras sehingga ideal untuk menggambar garis besar dan sketsa kasar karena lebih mudah untuk dihapus.
Perbandingan Hasil Goresan Pensil Grafit
        Perhatikan bahwa karena pensil lebih keras, lebih mudah untuk menggores dan membuat indentasi kertas kita jika ditekan terlalu kuat.

        B adalah singkatan dari Blackness,

        Menunjukkan betapa lembut dan gelapnya sebuah pensil, semakin tinggi angka sebelum huruf B, maka semakin lembut dan gelap. karena pensil b memiliki rasio grafit terhadap tanah liat yang lebih tinggi. pensil ini cenderung mudah luntur dan menghasilkan lebih banyak kilau, dan juga bisa lebih sulit untuk dihapus. seniman namun menyukainya karena mereka bagus untuk menambahkan ketebalan dan dimensi pada gambar dan membutuhkan lebih sedikit tekanan untuk menciptakan sketsa yang lebih gelap.

        HB adalah singkatan dari Hard and Black

        Mempunyai komposisi rasio di tengah-tengah skala grafit dan merupakan pensil yang biasa digunakan untuk menulis karena goresan terlihat cukup gelap dan mudah untuk dibaca, kecil kemungkinannya untuk tercoreng dan mudah dihapus.
Pensil Tipe F mudah diruncingkan ke titik terkecil

        F singkatan Fine Point atau titik halus, 

        Menunjukkan bahwa pensil dapat diraut atau ditajamkan ke titik yang paling kecil/halus dan masih mampu menghasilkan beberapa sketsa yang lebih gelap. Pensil ini sedikit lebih ringan dan lebih keras daripada pensil HB.

Apakah perlu memiliki semua tipe pensil?

        Meskipun ada banyak pensil yang tersedia dalam tingkat kelas yang berbeda, tidak perlu memiliki semuanya untuk mencapai hasil yang diinginkan. dalam karya seni satu pensil saja bisa menghasilkan berbagai macam nilai hanya dengan menyesuaikan tekanan kita, tapi untuk Gambar Teknik biasa direkomendasikan dengan menggunakan pensil 2B.

Posting Komentar untuk "Mengenal Kode Pada Pensil (2B, HB, F, dll)"