Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Friday, January 26, 2018

CAD (Computer Aided Design)

        CAD atau Computer Aided Design merupakan suatu kegiatan desain (design) yang dibantu oleh komputer. Komputer sudah terbukti bermanfaat membantu banyak pekerjaan manusia di segala bidang atau keilmuan. Dari sekian banyak keilmuan, komputer banyak membantu dalam kegiatan desain.
    CAD tidak hanya sekedar menggambar garis dan geometri dengan cara menggunakan komputer. Demikian pula dengan pembelian sistem CAD, desain tidak muncul dengan menekan sebuah tombol.
Pernyataan "Beli komputer dan Anda tidak memerlukan juru gambar" juga sangat berbeda dari kenyataannya. Perancang teknik sangat bertanggung jawab atas keputusan yang diambil pada semua tahap teknis antara konsepsi dan produksi.

      Komputer adalah alat bantu dan berfungsi sebagaimana diarahkan dengan kecepatan dan akurasi. Catatan berikut disertakan untuk menunjukkan area kegiatan yang bermanfaat untuk membantu juru gambar.

     Kegiatan desain sendiri sangat banyak, mulai dari menentukan kebutuhan, mencari alternatif komponen, membuat konsep, perhitungan hingga prototipe. Dalam kegiatan desain tersebut, beberapa kegiatan sngat mudah jika dibantu dengan komputer.
Desain terbaik dapat diraih dengan menggunakan tools (alat bantu) yang tepat. Alat bantu yang banyak digunakan saat ini, antara lain; komputer dan program aplikasi desain, pengumpulan informasi dari internet, standar, jurnal, paten, dan konsultasi kepada expert. Kombinasi brainware (manusia), hardware (perlatan/komputer) dan software (perangkat pendukung hardware) dapat menghasilkan kinerja yang optimum.
Keuntungan penggunaan perangkat keras komputer dalam desain sangat banyak. Diantaranya;
  •       Memperpendek waktu perancangan, dengan bantuan program aplikasi yang terintegrasi mulai dari konsep, analisis, manufaktur dan manajemen data, membuat kontinyuitas yang tidak putus dari setiap fase.
  •       Meningkatkan kualitas produk, semua ide dan konsep yang dihasilkan dari pemikiran perancang dapat dianalisis secara kualitas dan kuantitas yang baik.
  •       Meningkatkan produktivitas perancang, kalkulasi dan komputasi yang diberikan komputer dilakukan dengan cepat sehingga perancang mempunyai waktu lebih untuk peningkatan desain.
  •       Meningkatkan komunikasi, dengan komunikasi teknik/ gambar dalam bentuk softcopy seharusnya tidak ada kesalahan non-teknis dan dapat di kirim ke seluruh dunia melalui internet dalam waktu yang singkat.
  •       Mengurangi biaya perancangan secara total, semua keuntungan diatas pada akhirnya dapat mengurangi biaya perancangan dan meningkatkan keuntungan man-hour, overhead, promosi/marketing, kepercayaan konsumen, dll.
Komputer dan program aplikasi telah banyak diterapkan untuk membantu proses desain. Bundel kegiatan desin yang banyak dikenal saat ini antara lain;
  •       CAD (Computer Aided Design), modeling, assembling, drawing.
  •       CAE (Computer Aided Engineering), Finite element method, finite volume, finite different method, dll.
  •       CAM (Computer Aided Manufacturing), NC Code Programming.
           Program CAD tersedia di mana model tiga dimensi dapat diproduksi secara singkat dan sajian dua dimensi ditampilkan secara otomatis. Dari dimensi komponen, komputer akan menghitung luas permukaan, volume, bobot untuk material yang berbeda, pusat gravitasi, momen inersia. Sistem CAD juga dapat digunakan untuk menganalisis stres dan perhitungan lainnya, yang merupakan bagian penting dari desain. Model dalam CAD dapat dimanipulasi menjadi bentuk yang menyenangkan untuk persetujuan artistik atau untuk dasar Rapid Prototyping atau Rapid Machining sebelum diikuti pekerjaan produksi.

          Desain struktural membutuhkan pengetahuan mendalam tentang sifat material teknik. Perhitungan stres, regangan dan defleksi sangat penting untuk menentukan proporsi dan dimensi dalam aplikasi struktural. Komputer sekarang memiliki kemampuan untuk melakukan jutaan perhitungan per detik dan dengan ketersediaan analisis elemen hingga telah dikembangkan sebagai metode utama. Salah satu keuntungan dari analisis elemen hingga adalah bahwa insinyur desain dapat menghasilkan desain yang lebih baik dan menghilangkan opsi yang meragukan selama fase desain konseptual. Sistem CAD memungkinkan untuk melahirkan generasi model desain yang cepat dan dapat diusulkan dalam produksi. Komponen dan elemen mesin yang kecilpun dapat didefinisikan dalam sistem CAD ini. Memori komputer menyimpan detail semua data geometrik untuk menentukan setiap bagian dari frame.
         Analisis numerik kemudian akan memverifikasi apakah desain yang disarankan akan mampu mendukung beban yang diharapkan. Sebelumnya, perhitungan stres memakan waktu dan pada hari-hari awal komputasi, meskipun waktu perhitungan jauh lebih pendek, waktu komputer relatif mahal. Hal Ini tidak terjadi pada sekarang ini dalam jenis pekerjaan desain, CAD adalah alat penting di kantor gambar. Namun, disarankan untuk memastikan perancang menggunakan alat-alat ini memiliki pemahaman yang baik tentang metode perhitungan tradisional untuk memiliki keyakinan pada output produk.

       CAD akan dihubungkan ke CAM (Computer Aided Manufacture) bila memungkinkan. Dokumentasi akan mencakup daftar bagian, rincian bahan dari bagian yang akan diproduksi atau dibeli, tingkat persediaan, instruksi terkomputerisasi untuk peralatan mesin yang dikontrol secara numerik, instruksi untuk rakitan otomatis, peralatan las, dll. Papan sirkuit tercetak dapat dirancang pada CAD dan diproduksi oleh CAM. 

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS