Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Friday, January 26, 2018

CATIA

CATIA (Computer Aided Three-Dimensional Interactive Application) merupakan salah satu program softwere buatan desault system yang diperuntukan untuk kalangan engineer yang banyak dipakai dalam industri pesawat terbang, otomotif, serta industry industry lainnya.
Hal ini ditunjang dengan kehandalan CATIA dalam disain produk assembling yang mempunyai jumlah komponen banyak juga kemampuan lainya dalam shape design, styling, serta kemudahan (user friendly) dalam mengoperasikan softwerenya. Keunggulan keunggulan ini menjadikan CATIA sebagai softwere yang menarik untuk dipelajari membuka wawasan seluas luasnya untuk bereksplorasi dalam mengembangkan kemampuan disain dan manufakturnya secara terintegrasi.


Selain fasilitas yang sudah cukup banyak disediakan oleh CATIA, juga disediakan analisa dan simulasi prodak yang akan didisain, hal ini memungkin kan si pebuat (engineer) mengetahui kelemahan dan kelebihan prodak sehingga proses modifikasinya akan lebih mudah. Softwere ini juga dapat di koneksikan langsung dengan beberapa alat industri yang berhubungan dengan pencetakan masal benda kerja (manufaktur).
Salah Satu latihan Desain Pesawat dengan Catia

Dengan fasilitas material benda yang beragam sesuai standar internasional Softwere ini juga dapat menjadi jembatan penghubung antara dunia desain dan industri dimana prodak yang dibuat secara manual melalui desain CATIA dapat dikonfersikan langsung menjadi benda kerja yang lebih memuaskan consumen (pasar).
Saat ini versi yang digunakan sudah semakin banyak, hal ini dikarenakan mengikuti kebutuhan pengguna (enginner) namun pada prinsipnya jenis pemakaiannya hampir sama. Semakin tinggi versinya semakin banyak ragam tool yang disajikan untuk mempermudah sipemakai. 
Program CATIA ini terbagi dalam tiga kategori : 
1. Untuk edukasi, 
2. Untuk industry (manufaktur), 
3. Untuk bagian pengembangan. 
Dewasa ini sudah banyak perusahan perusahan besar dan manufaktur yang menggunakan softwere ini sebagai referensi yaitu : Astra Internasional, otomotif manufaktur, Molding, dan Pabrikan lainnya. Bagi para engineer perangkat lunak ini juga menyediakan fasilitas analysis yang cukup mumpuni dan menarik.
MATERI SELANJUTNYA ==> MENGENAL SELUK BELUK CATIA

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS