Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Saturday, June 02, 2018

TUTORIAL: CARA MENAMPILKAN KERTAS ETIKET SECARA DEFAULT PADA AUTO CAD

       Setiap gambar kerja yang dibuat, selalu ada etiketnya atau kepala gambar. Nah, apa sih etiket itu? Etiket adalah semua data-data atau informasi tentang gambar yang sudah dibuat. Etiket dibuat di sisi kanan bawah kertas gambar. Etiket memiliki bentuk dan format yang sangat bervariasi tetapi memiliki standard yang sama.
       Kadang di software autocad kita membuat etiket secara manual dengan mengkombinasikan perintah garis, offset, trim, dan extend. Tetapi sebenarnya pada software autocad sudah disediakan etiket dari berbagai ukuran. Etiket ini disediakan di autocad versi pada tahun berapapun, dan dapat dipanggil kapanpun. Enak kan?
Nah, untuk memanggil etiket pada autocad secara default agar tidak susah2 membuat etiket lagi dapat mengikuti cara berikut;
MODEL GAMBAR TEKNIK
Pertama pastinya teman2 sudah mempunyai model gambar yang akan dimasukkan pada etiket, contoh model gambar;
Kemudian pada keyboard ketik MVSETUP kemudian ENTER,
  • Ketik Y (yes), enter
  • Ketik T (title block), enter
  • Ketik I (insert), enter
PERINTAH MVSETUP

BACA JUGA : Setup Satuan Gambar (Drawing Unit) dan Setup Daerah Gambar (Drawing Area)

  • Kemudian akan muncul kotak dialog pilihan jenis etiket, tersedia etiket A4-A0.
PILIHAN UKURAN KERTAS DAN ETIKET
Cara memilih atau memanggil kertas dan etiket adalah dengan mengetik angka. Misal ingin memanggil kertas etiket A4, maka anda harus mengetik angka 1, kemudian enter. Kalau ingin memanggil kertas etiket A3, maka harus mengetik angka 2, kemudian  enter. Dan seterusnya. Kali ini saya memanggil etiket A4.
        Setelah mendapatkan kertas dan etiket yang diinginkan tinggal kita memasukkan model gambar yang tadi sudah dibuat ke dalam kertas A4.
         Fitur untuk memasukan model ke dalam kertas adalah dengan menggunakan fitur new viewports. Ada beberapa cara untuk memanggil new viewports, yakni dapat dengan menggunakan menu bar, tabs dan keyboard. Paling mudah adalah dengan menggunakan keyboard, yakni cukup dengan mengetik viewports kemudian enter.

BACA JUGA : MEMBERIKAN DIMENSI UKURAN GAMBAR TEKNIK PADA AUTOCAD

            Cara lain adalah dengan mencari di menu bar, klik view => viewports => new viewports
New Viewports
       Setelah masuk viewports maka akan muncul kotak dialog viewports. Dalam kotak dialog ini ada beberapa pilihan model penyajian. Ada single, two vertical, two horizontal, three right, three left, dll.
       Kali ini kita akan menggunakan single aja, karena gambar yang kita sajikan hanya 1 model. Klik single kemudian OK.
Viewports
     Selanjutnya adalah menentukan batasnya, batas disini adalah kertas yang akan menampilkan gambar model. Caranya ; klik 1 pada endpoint dan klik 2 pada endpoint
           Kemudian akan muncul gambar pada kertas yang sudah kita set batasnya tadi, Tetapi kadang kita ingin menyeting skalanya karena mungkin terlalu besar maupun terlalu kecil. Untuk menyeting dengan tidak memperhatikan skala juga bisa dilakukan dengan cara klik gambar 2x kemudian scrol mouse maju mundur sehingga terpilih posisi dan besaran gambar yang diinginkan.
       Untuk menyeting besarnya gambar sesuai skala, dapat mencari tombol di kanan bawah, disitu sudah disediakan pilihan mulai dari scale to fit, 1:1, 1:2, dll.
Pengaturan Skala
Catatan: menyeting skala hanya dapat dilakukan pada mode MODEL, klik tulisan model untuk kembali ke model PAPER.

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS