Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Tuesday, May 22, 2018

MENENTUKAN SKALA PADA GAMBAR TEKNIK

Skala adalah perbandingan antara ukuran gambar dengan ukuran yang sebenarnya. sebagai contoh; panjang poros pada gambar teknik adalah 10 mm dengan skala 1:10. dengan demikian maka, panjang sebenarnya adalah 100mm karena 1 mm di gambar mewakili 10 mm pada ukuran sebenarnya.


Komponen kecil kadang-kadang digambar menjadi lebih besar dari ukuran sebenarnya, sementara komponen besar dan rakitan digambar ke ukuran yang diperkecil. Maka dari itu, gambar harus selalu menyatakan skala yang digunakan. Skala pada gambar ukuran penuh akan dikutip sebagai 'ORIGINAL SKALA 1: 1'.

contoh penulisan skala pada etiket
Gambar-gambar komponen itu sendiri tidak boleh diskalakan ketika digunakan untuk tujuan manufaktur, dan dalam praktiknya peringatan sering dikutip pada lembar gambar standar, misalnya ‘DO NOT SCALE’ dan ‘IF IN DOUBT, ASK’. Sebuah Gambar dimensinya harus cukup, atau diproyeksikan secukupnya sehingga semua ukuran yang dibutuhkan dapat diperoleh.

Perbesaran yang disarankan untuk gambar skala adalah 2, 5, dan 10.
1: 1 menunjukkan gambar yang digambar ukuran penuh.
2: 1 menunjukkan gambar yang digambar dua kali ukuran penuh.
5: 1 menunjukkan gambar yang ditarik lima kali ukuran penuh.
Skala umum lainnya adalah 10: 1, 20: 1, 50: 1, 100: 1, 200: 1, 500: 1, dan 1000: 1.

Drafter harus menunjukkan bahwa gambar skala dapat menipu; komponen yang digambar dua kali ukuran penuh akan mencakup empat kali luas kertas gambar karena komponen yang sama digambar ukuran penuh, dan ukuran sebenarnya mungkin sulit untuk divisualisasikan. Untuk membantu dalam penyajian gambar yang baik, pada umumnya gambar ditampilkan  dengan tampilan penuh memenuhi kertas gambar, asalkan gambar itu sendiri dimaksudkan untuk direproduksi ke skala yang sama dan tidak direproduksi dan dikurangi.
Pembagi yang direkomendasikan untuk gambar skala juga 2, 5, dan 10.
1: 1 menunjukkan gambar yang digambar ukuran penuh.
1: 2 menunjukkan gambar yang ditarik setengah ukuran penuh.
1: 5 menunjukkan gambar yang digambar ukuran seperlima dari ukuran penuh.
Skala umum lainnya yang digunakan adalah 1:10, 1:20, 1:50, 1: 100, 1: 200, 1: 500, dan 1: 1000.
tabel. skala yang diijinkan,
skala standard ISO
     Pembuat gambar harus memilih skala yang sesuai untuk digunakan pada lembar gambar standar dan ini akan tergantung pada ukuran objek yang akan digambar. Perlu diingat bahwa gambar harus jelas menunjukkan informasi dan detail yang diperlukan. Hal ini mungkin bermanfaat untuk membuat pembesaran lokal dari area kecil.

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS