Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Monday, July 06, 2020

Pemasangan dan Pelepasan Bantalan Gelinding / Mounting and Dismounting

Pemasangan Bantalan Gelinding

1. Pada Poros

Pemasangan bantalan gelinding pada poros tidak boleh dilakukan dengan cara memukul langsung, tetapi dilakukan dengan memukul melalui perantara / sleeve, sleeve ini yang akan meneruskan gaya pada bantalan luncur sehingga terpasang dengan tidak mengalami kerusakan. Untuk menghindari kerusakan, maka pada pemasangan pada poros gaya dikenai pada outer ring. (lihat gambar)

Pemasangan Bantalan pada Poros

2. Pada Lubang

Pada dasarnya, cara yang digunakan hampir sama dengan pemasangan bantalan gelinding pada poros. Perbedaan pada pemasangan ini adalah gaya yang diteruskan oleh sleeve dikenai pada inner ring.

Pemasangan Bantalan Gelinding pada Lubang

BACA JUGA : MENGENAL BANTALAN GELINDING (ELEMEN MESIN?

3. Pemasangan Bantalan gelinding dengan Adaptor Sleeve

Apa itu adaptor sleeve? Adaptor sleeve adalah komponen yang paling umum digunakan untuk mnempatkan bearing pada poros, komponen ini dapat dipasang pada poros lurus maupun poros bertingkat.

Kelengkapan Adaptor Sleeve

Poros Lurus dan Poros Bertingkat

Komponen ini mudah dalam pemasangannya dan tidak memerlukan lokasi tambahan pada poros. Ketika dipasang pada poros lurus, maka adaptor sleeve dapat dipasang dimanapun sesuai dengan tempat yang diinginkan. Saat dipasang pada poros bertingkat yang pemasangannya bersamaan dengan ring spacer berbentuk L, maka bantalan dapat diposisikan secara akurat sehingga pemasangan di posisi tersebut menjadi mudah.

Pemasangan Adaptor Sleeve pada Poros


Kelengkapan adaptor sleeve terdiri dari bearing/bantalan, lock washer, dan lock nut. 

Kelengkapan Adaptor Sleeve

Bagaimana cara memasang bearing dengan menggunakan adaptor sleeve?

Tahap persiapan

  • Sebelum melakukan pemasangan pastikan menjaga area perakitan tetap kering dan bebas debu. Periksa kebersihan poros, housing dan alat.

  • pilih alat yang benar untuk proses perakitan, seperti kunci ring, palu pemukul, penitik dll. Pastikan alat yang disiapkan sesuai dengan ukuran dan kebutuhan dengan memverifikasi dengan menggunakan mikrometer.

 Tahap Pemasangan Adaptor Sleeve

  • bersihkan sleeve dan poros, keringkan dan pastikan benar-benar bebas dari kotoran. Lakukan pelumasan minyak tipis di atas permukaan lengan eksternal dan internal. Hal tersebut membuat pembongkaran lebih mudah

Pembersihan Poros Sleeve dan Bearing

  • untuk memasang sleeve pada poros lebih mudah dengan membuka sobekan sedikit atau seperlunya dan kemudian memindahkannya ke posisi yang benar

buka sobekan ke atas dan kebawah

  • Lakukan prosedur pemasangan secara berurutan, urutan yang tepat dalam pemasangan adalah bearing kemudian lock washer, dan terakhir lock nut.
  • lumasi ulir dan permukaan mur yang akan bersentuhan dengan bantalan menggunakan gemuk EP atau pelumas lain dengan molibdenum bi-sulfat.
  • kencangkan lock nut pada sleeve (tanpa lock washer) sampai kita meyakini bahwa bantalan ditempatkan pada tempat yang diinginkan.

Pemasangan awal tanpa lock washer

  • Lepas kembali lock nut
  • Pasang lock washer sampai menyentuh bantalan. kemudian pasang lock nut.
  • Kencangkan lock nut pada lock washer dan bantalan dengan kait atau kunci pas, pastikan untuk tidak terlalu mengencangkan lockn nut. Untuk bantalan pada lengan adaptor atau poros meruncing, pastikan bantalan tidak terdorong keluar dari posisi awalnya.
  • Kunci lock nut pada tempatnya dengan menekuk salah satu tab lock washer ke dalam salah satu slot pada mur.

Pemasangan akhir dengan Lock washer

Pelepasan Bantalan gelinding

Pelepasan bantalan gelinding ada beberapa metode, tergantung pengaturan press fit yang dilakukan saat pemasangan. metode yang paling sering digunakan adalah pelepasan bantalan gelinding pada poros dengan menggunakan penarik/ puller/ tracker. Berikut beberapa cara untuk melepas bantalan gelinding;

1. Pelepasan dengan menggunakan pendorong

pada kasus ini ball bearing dilepas dengan cara mendorong poros. Inner ring diberi penahan dahulu kemudian poros didorong/ dipukul, proses pendorongan dapat  dengan bantuan hidrolik.

Mendorong poros

2. Pelepasan menggunakan alat penarik/puller/tracker

letakkan pengait pada inner ring bagian belakang dan letakkan poros tracker pada poros yang terpasang bearing. Kemudian putar lengan tracker searah jarum jam, maka bearing dengan sendirinya akan terlepas.

Melepas dengan bantuan puller

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS