Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Friday, July 10, 2020

MEMBUAT FRAME / RAGANGAN DENGAN CEPAT MENGGUNAKAN SOFTWARE CATIA V5

         Bagaimana membuat frame atau ragangan menggunakan software CATIA dengan cepat dan mudah, frame dibuat dengan besi L atau besi Hollow kotak maupun lingkaran. Apabila frame tersebut didesain satu persatu atau manual maka akan membuat proses desain membutuhkan waktu yang lama dan membosankan. Maka dari itu dipelukan cara bagiamana membuat frame dengan cepat. Pada software CATIA sudah disedikan workbench khusus untuk membuat frame atau berbagai konstruksi lain, dan sudah disediakan berbagai jenis bentuk besi. Seperti besi bentuk L, C, H dll.

Frame

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas cara membuat frame seperti dibawah ini;

  • Yang pertama buka catia kemudian klik Start è Mechanical Design è Structure Design

Structure design

  • Setelah muncul jendela kerja struktur desain, langkah selanjutnya adalah membuat garis bantu berupa garis dan titik yang saling terhubung sesuai dengan jarak ukuran frame yang akan dibuat.
  • Caranya dengan klik tool GRID, kemudian berikan nama pada kolom NAME. selanjutnya isi panjang lebar tinggi pada menu Cartesian pada kolom Spacing Along X, Y, and Z Axis (misal pada gambar; 1000, 1000, 1000), jangan lupa mau dibuat berapa pembagian (misal pada gambar ;2 ). Kemudian klik OK.

membuat garis bantu frame

  • Selanjutnya adalah membuat frame, klik tool SHAPE maka akan muncul kotak dialog. Abaikan kotak dialog Point Definition, kita focus saja pada kotak dialog SHAPE.

Pada kotak dialog shape kita pilih material dahulu pada menu Material & Orientation. Menu ini kita harus memilih material yang kita gunakan, mulai dari jenis bahan, grade maupun bentuk profilnya. Untuk memilih bentuk profil dapat memilih pada kolom Section, klik 1x kemudian cari bentuk dan ukuran yang dicari (klik More untuk varian yang lebih banyak).

Setelah menentukan material, langkah selanjutnya adalah menentukan tipe penempatan pada menu Geometry. Apakah menggunakan point to point atau select support?, kali ini kita akan praktek menggunaka point to point dahulu.

Kotak dialog SHAPE

  • Masih kelanjutan point diatas, langkah Selanjutnya adalah klik point pertama dan point kedua. Hasilnya seperti pada gambar dibawah ini, klik titik titik untuk menentukan posisi penempatan mana yang dipilih dan tanda panah untuk melakukan rotasi dan arah. Kalua sudah sesuai Kemudian OK.
Point to point

  •      Ikuti langkah pada point diatas untuk menaruh komponen frame sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Lihat contoh pada gambar dibawah

Hasil jadi membuat frame

Untuk menyembunyikan garis dan titik bantu, agar tidak mengganggu dapat dilakukan dengan klik kanan FRAME pada garis history atau tree kemudian Hide/Show.

Hasil Hide Show

  • Hasil dari membuat frame belumlah sempurna, karena antar komponen saling bertumbukan pada bagian ujungnya. Masalah ini dapat kita rapikan dengan masuk kelangkah selanjutnya, yaitu proses CUTBACK

Frame belum di cutback
Caranya klik tool Cutback, kemudin pilih Miter cut untuk membuat sambungan dengan bentuk siku dengan sudut pemotongan 45°. Klik komponen 1 dan klik komponen 2, kemudian Ok. (Lihat hasilnya pada gambar dibawah)
Proses Cutback dengan Mitter Cut
  •       Kemudian memotong bagian bawah sambungan siku, ada 2 metode yang dapat digunakan. cara pertama dengan menggunakan Cutback Trim to Plane, caranya pilih Trim to Plane kemudian klik komponen yang akan dipotong kemudian klik batas pemotongan (klik permukaan yang rata).
Cutback dengan Trim to Plane

Atau dengan cara kedua, yakni dengan menggunakan Cutback Weld Cut, cara ini lebih mudah untuk dilakukan karena tidak perlu memilih batas potongnya. Caranya pilih Weld Cut kemudian klik komponenn yang akan dipotong kemudian klik komponen yang tidak terpotong. Kemudian klik OK, lihat hasilnyapun sama.

Cutback dengan Weld Cut

Hasil akhir dari proses cutback
SELAMAT MENCOBA....

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS