Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Thursday, July 30, 2020

Tutorial CATIA; MENGOPERASIKAN PERINTAH GROOVE

Groove kebalikan dari shaft, digunakan untuk menghilangkan bentuk 3D yang tidak diinginkan atau membuat profil coakan secara berputar pada bentuk 3D. Groove ini memerlukan sumbu axis yang akan dijadikan sumbu putar.

Groove
KUNJUNGI ==> KUMPULAN MATERI DAN TUTORIAL CATIA

Bagaimana membuat gambar diatas dengan menggunakan feature Groove, Langkah-langkah menggunakan feature Groove:

a.    Masuk dalam workbench Part Design dengan cara klik Start>> Mechanical design>> Part Design. Kemudian akan uncul kotak dialog dan disuruh untuk memberi nama objek yang akan digambar >> OK

b.  Membuat sketch dengan meng-klik tombol sketch kemudian pilih salah satu plane yang tersedi pada layar ataupun pada tree. Untuk belajar tentang sketch silakan klik disini.


c.   Feature Groove adalah feature untuk mengurangi bentuk 3D secara berputar, maka diperlukan gambar 3D dahulu. Buatlah bentuk silinder dengan diameter 100mm dan panjang 100mm seperti gambar d bawah.

d.  Buat profile dengan Pilih sketch yang sejajar dengan sumbu silinder, gambar dibawah yang recommended untuk membuat sketch untuk proses groove adalah sumbu ZY dan ZX. Kemudian sketch. 

e.  Buat sketch seperti pada gambar dibawah, membuat axis harus berada di sumbu silinder. Profil dapat dibuat dengan fasilitas profile yang ada di feature sketch.

f.     Setelah membuat sketch dan sumbu putarnya/axis, langkah selanjutnya adalah exit workbench dan klik icon Groove. Maka akan muncul dialog,  masukkan first angle : 360deg (setingan default 360deg). Kemudian OK.

Hasil Groove

MATERI SELANJUTNYA ==> SKETCHER PADA CATIA

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS