Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Monday, August 03, 2020

TUTORIAL CATIA; CARA MENGOPERASIKAN PERINTAH RIB

RIB digunakan untuk membuat profile 3D dengan mengikuti jalur sketch. Jadi feature rib ini memerlukan 2 sketch, 1 untuk profile bentuk, 1 untuk jalur. Contoh, apabila kita ingin membuat pipa yang berkelok kelok,, maka perlu membuat sketch lingkaran dan sketch jalur berkelok kelok yang saling tegak lurus.

KUNJUNGI ==> KUMPULAN MATERI DAN TUTORIAL CATIA

Hasil RIB

a. Masuk dalam workbench part design dengan cara klik Start>> Mechanical Design>> Part Design. Kemudian akan muncul kotak dialog dan disuruh untuk memberi nama objek yang akan digambar >> OK

b.   Membuat sketch dengan meng-klik tombol sketch kemudian pilih salah satu plane yang tersedi pada layar ataupun pada tree. Karena memerlukan 2 sketch, yakni sketch untuk guide dan sketch untuk profile,  yang saling tegak lurus maka kita pertama membuat sketch pada plane XY Plane. Untuk belajar tentang sketch silakan klik disini.


Persiakan model 3D seperti gambar diatas, usahakanlah gambar sesuai dengan plane yang dipilih seperti gambar diatas.

c.  Setelah membuat gambar 3D seperti model diatas, maka selanjutnya adalah membuat profil sirip pada tepi gambar. Pilih Zx plane untuk menggambar sketch yang akan digunakan sebagai profile. Gambarlah seperti gambar dibawah ini.

Kemudian klik exit workbench

d.   XY plane sebagai guide, Langkah selanjutnya adalah membuat guide, atau jalur untuk rib.  Gunakan plane XY untuk membuat sketc, usahakan pilih sisi paling atas. Gunakan Project 3d element untuk membuat guide.

e.  Proses RIB, Proses rib dimulai dengan klik Icon Rib kemudian akan muncul kotak dialog seperti gambar diatas. karena ada 2 sketc, yaitu profile dan guide maka klik profile dan pilih sketch profile dan klik center curve kemudian pilih klik sketch guide nya. Kemudian klik OK


MATERI SELANJUTNYA ==> PERINTAH GROOVE PADA CATIA V5

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS