Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Thursday, July 30, 2020

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI CAD / Computer Aided Design

Computer Aided Design atau Draugting merupakan beberapa cara untuk menunjukkan sebuah desain Model, ada beberapa model desain antara lain:

2D       è gambar berupa garis dan huruf, seperti menggambar secara konvesional pada papan tulis.

3D      è visualisasi gambar yang bentukya mencakup pada ruang sumbu X, Y dan Z

Solid Modelling è pengukuran secara menyeluruh sehingga membentuk gambar yang solid, dilengkapi dengan permukaan yang berkurva, termasuk jenis material yang digunakan serta material propertiesnya.

Grafik dibawah memberikan gambaran kasar tentang produktifitas perusahaan pengembang software CAD dari waktu ke waktu. Dalam perkembangannya, teknologi solid modelling yang dikembangkan mulai tahun 80-an mengalami pengembangan yang signifikan sampai tahun 2000-an. Hal ini menandakan bahwa teknologi solid modelling sangat diminati oleh pasar dan sangat berdampak pada industry terkait.


cek
kurva perkembangan software CAD

Ada beberapa istilah yang sering digunakan dalam kaitannya dengan mechanical Computer Aided Engineering, antara lain:

CAD => Computer Aided Design/Draughting

MCAD => Mechanical Computer Aided Design

CAE => Computer Aided Engineering

Apa yang dapat dilakukan dengan solid modelling?

1. Membuat  pemodelan gambar komponen atau Part modelling

Gambar Komponen atau Part

Kamu bisa membuat model gambar bagian/part sesuai desain anda secara solid 3 dimensi. dimensi gambar dapat diambil dari model yang berkaitan dan ukuran tersebut dapat dikontrol/diubah pada gambar 3D nya.

Jadi, seandainya kamu mengubah sebuah ukuran, yang lain akan berubah juga apabila dimensinya saling linked (terhubung) satu sama lain.  Sebagai contoh; mengubah jarak center sebuah lubang, maka yang terjadi adalah lubang akan berpindah sesuai titik center terakhir.

2. Membuat Gambar Dengan Proyeksi Orthographic.


Gambar Proyeksi

Dari gambar 3 dimensi kamu dapat membuat sebuah gambar pandangan orthographic secara detail. Kamu dengan mudah memodifikasi desain tersebuat karena gambar part dan drawingnya terhubung, apabila gambar partnya diubah dimensinya, maka gambar 2D nya akan berubah pula.

3. Membuat Pemodelan Rakitan

Gambar Assembly/Rakitan

Gambar part-part yang telah dibuat dapat dirakit menjadi satu kesatuan produk. File assembly juga terhubung pada file part dan drawingnya.

4. Melakukan Analisis desain

Analisis Desain Tegangan Von mises

Keuntungan membuat sebuah solid modelling dari sebuah komponen adalah dengan memasukkan segala geometrinya maka kita dapat memprediksinya secara real life. Seperti pengaruh gaya luar, pengaruh suhu, getaran dan lain sebagainya.

5. Melakukan Visualisasi Desain

Seiring dengan berjalannya waktu software 3D CAD telah mengembangkan visualisasi gambar yang memungkinkan anda untuk membuat gambar dengan kualitas tinggi pada kondisi sebenarnya. Dari pengaturan lingkungannya, seperti dikelilingi tembok, lantai, jendela, permukaan yang bertekstur dan lain sebagainya. Anda dapat menangkap gambar dengan sangat nyata dengan tambahan bayangan dan pantulan, hal ini memberikan kesan lebih realistis atas apa yang anda desain.

Visualisasi Desain Real Life

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS