Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Thursday, September 03, 2020

TUTORIAL CATIA# MEMBUAT GAMBAR PROPELLER/BLADE/BALING-BALING 3 DIMENSI DENGAN CATIA

Propeller adalah salah satu elemen mesin yang berbentuk spiral heliks dan biasanya digunakan sebagai penggerak mekanik, misalnya; pesawat terbang dan kapal laut.

Blade Proppeler
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat desain tiga dimensi dari sebuah baling-baling atau propeller. Perangkat yang kita gunakan adalah software desain CATIA, untuk lebih lengkapnya mari simak langkah-langkah berikut ini:

PERTAMA, buka workbench Generative Shape Design dengan cara klik START >> SHAPE >> GENERATIVE SHAPE DESIgN. Kemudian muncul kotak dialog new part, isi part name dengan nama “propeller” >> OK


BACA JUGA : CARA MEMBUAT SCREW CONVEYOR DENGAN CATIA

KEDUA, klik SKETCH kemudian pilih XY plane untuk membuat gambar dasar 2D. buat lingkaran dengan diameter 20. Untuk mempelajari SKETCH lebih lanjut silakan klik disini.

Setelah membuat lingkaran dengan diameter 20 mm, selanjutnya klik exit workbench untuk keluar dari workbench sketch. Kemudian klik pilih extrude untuk membuat gambar 3D (dalam bentuk surface), isikan dimensinya 20 mm. (lihat gambar dibawah)

extrude profil menjadi surface

KETIGA, membuat titik acuan dalam membuat helix. caranya klik point, kemudian akan muncul kotak dialog tentang koordinat. Isikan angka “10” pada sumbu Y (radius=10) sedangkan sumbu X dan Z “0”. Kemudian klik OK.

membuat titik dengan koordinat tertentu

KEEMPAT, membuat alur heliks. Langkahnya dengan klik HELIX, kemudian akan muncul kotak dialog. Pada kotak dialog lakukan sebagai berikut :

  • Pada starting point (titik awal) >> klik point yang telah dibuat pada langkah tiga diatas.
  • Axis >> pilih Z axis. dengan cara klik kanan kolom axis yang akan diisi, kemudian pilih Z axis
  • Kemudikan isikan kolom yang lain sesuai gambar dibawah ini. Kemudian klik OK.
membuat helix

KELIMA, melakukan sweep. Langkahnya dengan klik SWEEP, kemudian akan muncul kotak dialog. Pada kotak dialog lakukan sebagai berikut :

proses sweep

  • Pada profile type >> pilih urutan nomor 2
  • Subtype >> with reference surface
  • Guide curve 1 >> pilih garis alur helix
  • Reference surface >> pilih surface tabung (warna kuning)
  • isikan kolom yang lain sesuai gambar dibawah ini (angle=90, length=45).
  • Klik preview untuk melihat hasilnya tanpa keluar dari kotak dialog.
  • Apabila hasil preview tidak sesuai, maka dapat memilih tombol previous/next untuk hasil yang lain. Jangan lupa klik preview kembali setelah memilih tombol previous/next.
  • Setelah mendapat hasil desain yang diinginkan Kemudian klik OK.

BACA : CARA IMPORT GAMBAR KE PROGRAM CATIA

KEENAM,  membuat sketch untuk profil blade propeller. Klik sketch >> pilih XY plane, buat profil seperti gambar dibawah (lebih mudah menggunakan project 3D element). Kemudian hasil sketch tadi di extrude melebihi profil surface blade.

Setelah melakukan extrude, langkah selanjutnya adalah memotong surface yang tidak digunakan. Langkahnya dengan klik SPLIT, kemudian klik surface blade/surface 1 dan klik surface profil blade/surface 2. Klik preview untuk melihat hasil, surface yang berubah menjadi transparan adalah surface yang dibuang. Apabila tidak sesuai keinginan maka dapat memilih sisi yang lain dengan Other side.

proses Extrude dan split

KETUJUH, sembunyikan surface/garis/titik yang sudah tidak digunakan, dengan cara klik kanan yang akan disembunyikan kemudian pilih HIDE/SHOW.


KEDELAPAN, klik Start >> Mechanical Design >> Part Design. Untuk menambah ketebalan blade, klik THICK SURFACE kemudian klik surface yang akan diberi ketebalan dan tambahkan ketebalannya (first offset=1mm). kemudian OK.

Hilangkan sisa surface dengan HIDE/SHOW seperti pada langkah ketujuh.

proses thick surface

KESEMBILAN, melakukan Pattern atau array. klik CIRCULAR PATTERN, kemudian akan muncul kotak dialog. Pada kotak dialog lakukan sebagai berikut :

circular pattern

  • Parameter >> pilih complete crown.
  • Instance (s) >> 3 (jumlah blade)
  • Reference element >> klik kanan pada kotaknya kemudian pilih Z axis (sesuai sumbu putarnya).
  • Object >> pilih bagian yang akan diperbanyak, untuk kasus ini kita memilih blade.

KESEPULUH,  membuat bentuk solid poros propeller. Klik close surface >> klik surface yang akan ditutup (surface tabung) >> OK. Hilangkan sisa surface dengan HIDE/SHOW seperti pada langkah ketujuh dan delapan.

proses close surface

SELESAI

“SELAMAT MENCOBA”

BACA JUGA : CARA MEMBUAT FRAME/RANGKA DENGAN CEPAT

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS