Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Tuesday, September 08, 2020

CARA MEMBUAT TEXT 3 DIMENSI PADA CATIA; TUTORIAL CATIA

 Ada kalanya seorang desainer membuat sebuah merk atau tulisan pada hasil desain yang telah dibuatnya, entah untuk sebuah merk dagang maupun identits semata. Terus bagaimana cara membuat text 3D dalam desain dengan menggunakan CATIA?

Caranya mudah tetapi kita harus mempunyai software AUTOCAD yang terinstall di laptop kita. Untuk lebih jelasnya mari kita simak artikel tutorial berikut; 

PERTAMA, membuka workbench drafting dan menentukan ukuran kertas.

Langkahnya klik START >> MECHANICAL DESIGN >> DRAFTING >> muncul kotak dialog New Drawing, pilih standard dan kertas yang akan digunakan (standard ISO, A4 ISO) >> kemudian klik OK. Kemudian akan menuju workbench Drafting dengan ditandainya munculnya kertas gambar pada layar.

MEMBUKA WORKBENCH DRAFTING

KEDUA, membuat text.

Klik symbol TEXT kemudian akan muncul kotak tulis, silakan buat tulisan yang diinginkan. Kemudian atur jenis dan ukuran text pada kolom pengatur text seperti tampilan gambar di bawah.

langkah membuat teks

KETIGA, lakukan penyimpanan text tersebut dalam format .dwg (autoCAD). Caranya klik File >> Save As >> pilih lokasi yang diinginkan >> berikan file nama dan pilih format .dwg pada kolom save an type.

proses penyimpanan format .dwg

KEEMPAT, buka kembali file format .dwg tadi ke dalam workbench drafting pada CATIA. Klik File >> Open >> cari file format .dwg yang telah disimpan sebelumnya >> OPEN. Akan muncul tulisan yang telah dibuat tadi tetapi dengan tampilan tulisan dengan garis tepi saja.

membuka format .dwg dalam drafting CATIA

KELIMA, menuju Workbench Part Design untuk membuat tulisan menjadi 3D. Klik Start >> Mechanical Design >> Part Design.

KEENAM, langkah selanjutnya adalah membuat Sketc. Klik icon sketch kemudian pilih plane sesuai keinginan. Setelah masuk workbench sketcher lalu copykan tulisan ke workbench sketcher. Caranya, klik window >> pilih file yang berformat .dwg >> seleksi text yang telah dibuat >> klik kanan, pilih COPY.

Copy Teks

Setelah itu kita masuk ke workbench sketcher kembali, klik window >> part / file sketcher yang tadi dibuka >> pastekan text pada symbol sketch yang ada pada tree / history.

proses paste Teks pada Tree

Setelah di pastekan pada sketcher, kadang tulisan tidak kelihatan di layar. Untuk melihat hasil Copian klik icon FIT.

menampilkan objek seluruh layar

KETUJUH, melakukan transformasi bila diperlukan dan membuat huruf menjadi 3D dengan menggunakan tool PAD.

transformasi/pemindahan

Kalau sudah sesuai dengan posisi yang diinginkan, kemudian klik exit workbench >> pilih PAD >> muncul kotak dialog, isikan ketebalannya pada kolom length (5mm) >> OK

proses PAD dan hasil PAD

~~~SELESAI ~~~

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS