Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Monday, September 07, 2020

TUTORIAL CATIA CARA IMPORT GAMBAR KE DALAM CATIA

Kita bisa melakukan import gambar kedalam software desain, misalnya software CATIA. Gambar yang dapat di-import pada software CATIA ini hanya dapat dilakukan apabila file gambar memiliki jenis file .tif, .jpg, .bmp, .rgb, dan .psd. cara ini digunakan oleh desainer untuk menggambar object yang tidak memiliki dimensi / ukuran dengan tujuan untuk redrawing.

Untuk lebih jelaskan, silakan simak dan ikuti artikel tutorial cara import gambar ke dalam CATIA berikut;

PERTAMA, kita harus masuk ke dalam workbench sketch tracer dahulu. Yakni dengan cara klik start >> SHAPE >> SKETCH TRACER, setelah masuk ke workbench sketch tracer maka selanjutnya adalah mengatur tampilan dan posisi gambar sesuai axis.

Atur pandangan pada front view dan mode tampilan dalam shading with material.

Pengaturan awal sketch tracer

KEDUA, memasukkan gambar dari computer ke dalam software CATIA. Langkahnya, klik Create an Immersive Sketch >> pilih file gambar yang akan di import >> OPEN >> muncul kotak dialog, OK.

IMPORT gambar ke catia

KETIGA, membuat part dengan menambahkan new part pada tree/history. Klik Insert >> new part >> klik product1 pada tree/history. Maka akan muncul dibawah product1 satu buah cabang komponen baru (part1).

menambah new part

KEEMPAT, memulai membuat sketch. Klik 2x part1 pada tree, maka tampilan workbench akan beralih pada workbench part design. Dengan demikian maka kita sudah bisa membuat komponen baru di workbench ini. Dalam membuat sketch hati-hati saat memilih plane, perhatikan kompas yang ada di pojok kanan atas.

hasil sketch

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS