Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Friday, September 18, 2020

PENGELASAN DAN SIMBOL PENGELASAN

Pada umumnya pengelasan dapat diartikan sebagai proses penyatuan dua potong logam atau paduan dengan menaikkan suhu permukaan yang akan disambung sehingga menjadi meleleh, penyatuan komponen dapat dilakukan dengan atau tanpa logam tambahan.

MATERI SEBELUMNYA ==> TOLERANSI GEOMETRI 

Ada beberapa metode yang digunakan dalam pengelasan, tetapi dari sekian metode tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua kategori :

Pengelasan tempa : yaitu penyambungan logam dengan cara memanaskan bagian yang akan disambung sampai kondisi plastis kemudian disambungkan dengan cara ditekan, misalnya digulung, dipalu, dan ditekan. Contoh : projection welding, spot welding, flash butt welding, dll

Pengelasan fusi : yaitu proses penyambungan dimana permukaan yang akan disambung dilebur dengan atau tanpa logam tambahan.  Contoh : metal arc welding, Argon arc welding, atomic-hydrogen arc welding, dll.

Penerapan Symbol Pengelasan pada Gambar Kerja

Setiap jenis pengelasan ditandai dengan symbol dasar seperti gambar dibawah. Garis referensi harus ditarik sejajar dengan tepi bawah lembar gambar dan garis anak panah membentuk sudut dengan garis referensi.

Simbol dasar las

Jenis pengelasan ditandai dengan symbol yang berbeda, hal ini bertujuan untuk memberikan satu arahan yang jelas pada pekerja las, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman diantara pembuat gambar dan operator las. Maka symbol pengelasan ini sangat perlu dipelajari bagi seorang yang berkecimpung dalam dunia teknik mesin. Jenis symbol kampuh pengelasan bisa dilihat pada table dibawah ini:

bentuk kampuh las

Ada beberapa kemungkinan dengan permintaan hasil pengelasan dengan bentuk permukaan tertentu, seperti hasil permukaan datar, cembung, dan cekung. Dengan kasus tersebut diatas maka diperlukan symbol tambahan yang menerangkan bahwa hasil las-an harus datar, cembung, maupun cekung. Symbol tambahan tersebut ditaruh diatas symbol pengelasan seperti gambar contoh dibawah ini,

simbol tambahan pada kampuh las

Penerapan symbol pengelasan pada gambar teknik harus diposisikan pada garis referensi yang jelas, symbol pengelasan dapat ditaruh pada gambar pandangan depan maupun pandangan samping, seperti contoh dibawah ini (contoh gambar menggunakan proyeksi amerika);

pemberian simbol las pada gambar kerja

Penambahan symbol bias ditambahkan pada garis referensi, pengelasan dapat dilakukan di sebuah pabrik ataupun pada suatu tempat yang mana rencana proyek tersebut didirikan. Pengelasan di lokasi proyek ditandai dengan sebuah bendera, sedangkan pengelasan menyeluruh mengelilingi sambungan ditandai dengan sebuah lingkaran yang ditempatkan pada perpotongan garis antara garis panah dan garis referensi.

penambahan simbol las bendera dan las berkelanjutan

Pengantar pengelasan diatas bersifat umum, ada beberapa metode pengelasan yang terdaftar di BS 499 (british standard). Setiap proses diberi nomor identifikasi dan grub pengelasan seperti, arc welding, resistance welding, gas welding, pressure welding, brazing, dll.

Lembar prosedur pengelasan biasanya akan diberikan detail dari proses sebenarnya yang digunakan pada sambungan tertentu. Pada gambar kerja, garis referensi pada bagian ujung terkadang memiliki garis tambahan seperti garpu dan ditambah nomor. Pada gambar contoh dibawah, nomor 23 menunjukkan bahwa pengelasan menggunakan metode friction welding.

friction welding

Dimensi Las

Dimensi las dapat ditambahkan pada gambar dengan menambahkan tinggi kampuh las (b) atau lebar diagonal kampuh las/ ketebalan kampuh las (a) yang diletakkan di bagian kiri dari symbol kampuh las. 

pemberian dimensi las

MATERI SELANJUTNYA ==> 
SIMBOLPENGELASAN 1 

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS