Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Thursday, September 17, 2020

DRAFTING PADA CATIA (3D ke 2D)

Drafting adalah istilah workbench pada software desain catia tentang penyajian gambar 2 Dimensi (2D), gambar drafting ini adalah gambar final hasil desain 3D yang akan disajikan atau disampaikan kepada operator produksi dalam bentuk gambar 2D. Jadi pada drafting akan ditampilkan bentuk dan ukuran yang detail sesuai standar yang berlaku (ISO), gambar yang dapat dibuat adalah gambar detail komponen, gambar rakitan, gambar layout, dll.

Hasil Drafting pada Catia


Dalam software CAD, untuk membuat gambar 2D diperlukan gambar 3D dahulu. Dengan demikian, maka gambar 2D yang dibuat saling berhubungan dengan gambar 3D-nya. ketika terjadi perubahan pada gambar 3D maka berubah pula gambar 2D-nya tersebut, tetapi apabila yang diubah gambar 2D-nya maka gambar 3D tidak berubah.

Pada kali ini kita akan membahas bagaimana menyajikan gambar teknik menggunakan software CATIA. Selain memberi ukuran dan membuat gambar pandangan ada beberapa tool special yang digunakan untuk penyajian gambar tertentu, misalnya: gambar potongan, break out, detail, dsb.

Langkah-langkah kerja pada drafting adalah;

  • Akses workbench
  • Mengatur kepala gambar
  • Membuat pandangan
  • Memberi dimensi
  • Memberi keterangan dan annotasi

1. AKSES WORKBENCH

Langkah pertama adalah mengakses workbench drafting, drafting dapat di akses melalui Menu Start >> Mechanical Design >> Drafting.

mengakses lembar kerja drafting

2. MEMBUAT KEPALA GAMBAR / ETIKET

kepala gambar merupakan bagian yang sangat penting dalam gambar teknik. Terdapat beberapa informasi yang sangat penting guna untuk menjelaskan gambar yang disajikan.

Informasi tersebut antara lain;

  • Nomor dan nama gambar
  • Skala
  • Pembuat, pengecek, dan penyetuju.
  • Nama perusahaan, instansi atau lembaga
  • Proyeksi
  • Bill of Material

Pada tampilan workbench drafting pertama kali tampak terdapat kotak kosong dan belum terdapat sebuah kepala gambar. Untuk memberi kepala gambar pada tampilan terdapat du acara, yaitu membuat dengan secara manual dan memanggil kepala gambar yang sudah ada.

Kepala gambar dibuat dilayar background dikarenakan agar tidak mengganggu proses pembuatan gambar utama, untuk mengakses layar background dapat memilih menu Edit >> Sheet Background.

Apabila ingin membuat kepala gambar secara manual, maka kepala dibuat dapat dibuat dengan menggunakan garis dan text. Tetapi apabila menginginkan kepala gambar yang sudah disediakan maka cara memanggilnya klik icon Frame and Title Block. untuk lebih detailnya silakan KLIK DISINI

memunculkan kepala gambar default

Setelah membuat kepala gambar dan mengisi informasi yang ada didalam kepala gambar selesai, langkah selanjutnya adalah meninggalkan sheet background menuju layar utama drafting. Langkahnya adalah klik Edit >> Working Views. 

3. MEMBUAT PANDANGAN

Dalam gambar teknik terdapat beberapa cara penyajian gambar pandangan, antara lain;

  • front view (pandangan depan),
  • projection view (pandangan samping,atas),
  • ISOMETRIC VIEW (pandangan isometri), (klikdisini)
  • SECTION VIEW (pandangan potongan), (klikdisini)
  • DETAIL VIEW (pandangan detail), dan (klik disini)
  • unfold view untuk sheet metal design.
ikon projection view

Ada beberapa metode dalam penyajian gambar, yaitu proyeksi eropa dan proyeksi amerika. Untuk lebih jelasnya silakan pelajari tentang macam dan pembahasan proyeksi, pada pembahasan kali ini khusus untuk cara menampilkan pandangan menggunakan software CATIA.

Pembuatan pandangan depan diambil dari gambar solidnya, jadi pastikan kita sudah membuka file yang akan kita buat pandangannya.

Langkahnya klik ikon FRONT VIEW >> menubar WINDOW >> pilih komponen solid/part >> pilih dengan klik bidang datar yang akan dijadikan pandangan depan.

langkah mengambil pandangan depan

Setelah muncul pandangan depan di layar drafting, kemudian atur posisi pandangan depan sesuai yang diinginkan dengan klik kompas yang muncul. Setelah posisi sesuai dengan syarat pandangan depan, klik pada ruang kosong untuk mengakhiri perintah.

hasil pandangan depan

Untuk menampilkan garis axis, trhead, garis tak Nampak, dan pengaturan skala dapat dilakukan dengan klik kanan garis-garis yang mengelilingi gambar >> PROPERTIES.

pengaturan pada properties hasil drafting

Setelah selesai membuat pandangan depan, maka langkah selanjutnya adalah membuat pandangan atas dan samping. Langkahnya, klik ikon PROJECTION VIEW kemudian arahkan cursor di kanan pandangan depan, maka akan muncul pandangan samping secara otomatis. setelah cocok silakan klik satu kali. Apabila ingin membuat pandangan yang lain maka ulangi seperti cara tersebut diatas maka arahkan kursor di atas/bawah/samping dari pandangan depan.

hasil projection view, proyeksi Eropa/Amerika

4. MEMBERI DIMENSI

Dimensi/ukuran diberikan pada komponen yang telah dirancang dengan tujuan untuk memberikan informasi yang akan berguna dalam proses produksi. Dimensi yang dapat diberikan antara lain: jarak (panjang, lebar, tinggi dan ketebalan), radius/diameter, sudut, chamfer, ulir, dll.

kelompok icon dimensions

5. MEMBERI KETERANGAN DAN ANNOTASI

Keterangan dan annotasi diberikan sebagai tambahan informasi dari gambar yang disajikan. Selain pandangan dan ukuran masih ada beberapa keterangan yang perlu disampaikan sehingga menjadi dokumen yang informatif. Hal penting tersebut antara lain: Text untuk keterangan dan tulisan, kekasaran permukaan, penomoran produk, lambing pengelasan, toleransi (umum, khusus, dan geometri), dan suaian. 

kelompok keterangan dan annotasi
Contoh Hasil Drafting pada CATIA

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS