Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Wednesday, February 24, 2021

APA ITU CAM DAN FOLLOWER? BAGAIMANA JENIS DAN TIPE GERAKANNYA?

      Pada motor bakar kita sudah mempelajari mekanisme pembakaran yang ada di dalam ruang pembakaran, mekanisme tersebut ada peran penting dari bagian komponen yang bernama cam. Cam pada ruang bakar berfungsi untuk mengatur buka tutup katup inlet dan outlet.

Apa itu CAM?

Sebelum pembahasan lebih jauh, marilah kita mengenal terlebih dahulu apa itu cam? CAM adalah sebuah elemen mesin yang memiliki bentuk permukaan atau alur yang dibuat khusus dengan elemen pasangan (foloower) yang selalu mengikuti sehingga menghasilkan gerakan translasi atau oscilasi.

Cam adalah sebuah perangkat mekanis yang digunakan dengan tujuan untuk membuat gerakan maju mundur atau untuk mengubah gerakan dari sebuah mekanis mesin.

Cam dan follower terdiri dari tiga susunan, antara lain ; Cam, Follower, dan Frame/guide. Cam berfungsi sebagai bagian yang digerakan, dan follower berfungsi sebagai bagian yang menggerakkan, sedangkan frame adakah bagian penyangga cam.

cam & follower

Cam mempunyai beberapa bentuk yang disesuaikan dengan fungsinya. Misalnya cam didesain dengan tujuan untuk membuat gerakan followernya menjadi bergerak maju mundur (reciprocating), maka bentuk cam dan follower jenis ini bias dilihat seperti gambar diatas.

JENIS-JENIS CAM

cam bias diklasifikasikan dalam beberapa jenis berdasar bentuknya, antara lain

⇒⇒ Radial Cam

Radial cam

Radial cam adalah jenis cam yang sederhana dan terbuat dari plat datar. Bentuk lingkar cam didesain sedemikian rupa untuk memberikan gerak yang diinginkan. maka dari itu maka cam ini juga dikenal sebagai pelat atau cam cakram. pada jenis ini sumbu cam tegak lurus dengan arah gerak follower.

⇒⇒ Cylindrical Cam

Cylindrical Cam

Silinder cam atau juga dikenal sebagai drum cam, cam ini berbentuk silinder dan terdapat potongan alur/groove di permukaannya. Follower mengikuti jalur alur groove tersebut. pada tipe ini sumbu cam sejajar dengan arah gerak follower.

⇒⇒ Wedge Cam

Wedge Cam

Cam jenis ini berbentuk baji dan disini cam memiliki gerakan geser. Bentuk cam sederhana ini sering kita temukan dimana follower akan selalu kontak profile cam dengan gerakan vertical.

⇒⇒ Conjugate Cam

Conjugate Cam

Jenis cam ini dilengkapi dengan dua rol yang terhubung pada follower. rol  gerakan satu sama lain dan jenis cam ini digunakan untuk operasi yang memerlukan tanpa suara/tanpa kebisingan.

⇒⇒ Globidal Cam

Globidal Cam

Globidal cam sebenarnya mirip dengan silinder cam, tetapi globoid cam memiliki permukaan cam yang cekung ataupun cembung. pada tipe ini follower berayun-ayun pada titik tumpu.

⇒⇒ Spherical Cam

Spherical Cam

Spherical cam adalah jenis cam yangn berbentuk bola yang dilengkapi dengan alur groove dipermukaannya yangmana follower bergerak mengikuti alur groove tersebut. di sini follower akan bergoyang tegak lurus dengan sumbu rotasi bola.

Apa itu Follower?

follower adalah sebuah elemen mesin yang berputar atau berayun yang mengikuti gerakan cam dengan kontak langsung.

JENIS-JENIS FOLLOWER

Follower dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuknya. Jenis follower Berdasar bentuk antara lain;

👉👉 Knife Edge Follower

Knife Edge Follower

Knife edge follower memiliki ujung yang lancip dan follower ini sederhana dan kompak tetapi follower jenis ini lebih sering mengalami keausan.

👉👉 Roller Follower

Roller follower

Roller follower sering digunakan untuk meminimalkan keausan follower. Roller follower memiliki roller di ujung batang follower. roller memutar pada cam sehingga mengurangi besarnya gerakan geser dengan gerakan menggelinding yang menghasilkan keausan yang minimal.

👉👉 Flat Face Follower

Flat face Follower
seperti namanya, follower ini memiliki permukaan kontak yang datar. follower jenis ini digunakan untuk mekanisme gerakan yang cepat.

Dimanakah Aplikasi Penggunaan cam dan follower?

  • Mesin Pembakaran Internal untuk menutup dan membuka katup keluar dan katup masuk.
  • Jenis mesin Otomatis, Cam dan follower digunakan di berbagai bagian yang bergerak otomatis.
  • Pada Sistem Hidraulik, mekanisme utamanya adalah mekanisme Cam and Follower. Dalam hal ini, mekanismenya bergantung pada tekanan fluida.
  • Di Mesin Cetak, mekanisme Cam and Follower membantu layar untuk dicetak.
  • Pada Mesin Jenis Tekstil, mekanisme Cam dan Follower membantu menjahit pakaian dengan cara mendorong dan menarik untuk menggerakkan Maku.
  • Sekrup mesin.
  • Mesin Pemotong Gigi.
  • Jam dinding.
  • Mesin Bubut Otomatis.

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS