Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 KESALAHAN DALAM GAMBAR TEKNIK DAN BAGAIMANA MENYAJIKAN GAMBAR TEKNIK YANG MENARIK??

    Terkadang seorang engineer drawing melakukan kesalahan dalam menggambar, tetapi sebenarnya kesalahan menggambar adalah bagian dari proses pembelajaran. Walaupun begitu, kesalahan dalam menggambar harus diminimalisasi karena hal ini dapat menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi perusahaan apabila produk sudah terlanjur diproduksi. Merupakan kesalahan yang fatal apabila gambar yang salah/ keliru kemudian dilakukan produksi, maka hasil produksi tersebut dikatakan produk gagal.

Beberapa program CAD sekarang banyak yang berkembang menjadi desain berbasis model 3D, yang akan menghilangkan gambar kertas dan membantu mengurangi kesalahan. Namun, dengan kecanggihan program CAD yang sekarang masih diperlukan pengetahuan tentang pemberian dimensi dan toleransi yang tepat dalam menyajikan gambar 2D. Penyajian gambar 2D tidak boleh asal dan harus mematuhi standar yang sudah disepakati bersama (ISO).

Berikut adalah beberapa kendala umum yang harus dihindari di dunia CAD 2D dan 3D dan bagaimana seharusnya menyajikannya:

1. Etiket harus Lengkap

Etiket adalah informasi dari gambar teknik, seharusnya gambar teknik harus dilengkapi dengan etiket yang informatif dan jelas. Pada umumnya etiket berisi tentang, 1). Nama pembuat gambar, 2). Nama Gambar, 3). Nama Instansi, 4). Nomor Gambar, 5). Material, 6). Skala, 7). Ukuran kertas, 8). Satuan dimensi, 9). Toleransi Umum, 10). Tanggal.

Etiket

2. Memilih Skala Gambar yang tepat

Dalam menggambar teknik juga harus memperhatikan skala gambar, jangan sampai gambar yang disajikan terlalu kecil ataupun terlalu besar. dokumen harus proporsional antara ukuran dan besarnya gambar, serta ukuran kertasnya.

Skala Gambar

3. Proyeksi yang digunakan Harus konsisten

Dalam menyajikan gambar teknik, proyeksi sangat berperan dalam mengimajinasikan dan memperjelas bentuk pandangan dari beberapa sudut pandang. Kita mengenal dua jenis proyeksi, yaitu proyeksi eropa (1st Angle Projection) dan proyeksi amerika (3rd Angle Projection). Dalam penggunaannya kita harus konsisten antara symbol yang dicantumkan dengan cara peletakan jenis pandangannya, karena kedua proyeksi tersebut mempunyai perbedaan yang sangat mendasar. Penjelasan lebih lanjut klik disini.

Proyeksi yang Keliru

4. Menyederhanakan Hidden Line dan Garis Radius

Hidden line adalah garis putus-putus yang menggambarkan bentuk bagian yang tidak terlihat (bagian dalam), kadang hidden line ini perlu ditampilkan apabila sangat diperlukan seperti bentuk dalamnya belum diakomodasi oleh pandangan2 yang lain. Tetapi apabila bentuk dalamnya sudah ditampilkan oleh pandangan yang lain maka hidden line tidak perlu ditampilkan lagi.

    Untuk alasan tertentu kadang hidden line dihilangkan karena apabila dinampakkan gambar akan tampak begitu rame dan tidak sedap dipandang.

Hidden Line

5. Memberikan Dimensi dan Penempatan yang Tepat

Dimensi dibuat untuk mengetahui ukuran dari suatu benda yang akan dibuat, pembuatan dan peletakan dimensi biasanya disesuaikan dengan bagaimana seorang engineer melakukan pengukuran benda tersebut dan bagaimana proses permesinannya. Belajar lebih jauh tentang dimensi klik disini.

Pemberian Dimensi Ukuran yang Baik

Dari gambar diatas terjadi beberapa kesalahan dalam membuat dimensi pada gambar teknik. Lihat gambar diatas, ada beberapa garis persilangan antar sesama dimensi, seorang engineer harus menghindari persillangan antar garis dimensi apabila memungkinkan.

Kemudian bila memungkinkan jangan menaruh dimensi di gambar benda kerja, letakkan dimensi diluar gambar benda kerja.

6. Penyederhanaan dimensi / menghilangkan dimensi yang tidak perlu.

Dalam pemberian dimensi tidak diperbolehkan berlebihan, sehingga diperlukan penyederhanaan dimensi dengan menyingkat dimensi tersebut.

Pada gambar kiri diatas pemberian dimensi terlalu banyak dan banyak yang tidak tepat/tidak diperlukan.

Apabila ingin memberikan dimensi secara komplit, maka salah satu dimensi yang dianggap bayangan harus diberi tanda kurung.

Biar tidak ambigu dan tidak membingungkan operator mesin, maka diperlukan kejelasan dalam memberikan dimensi atau penunjukkannya.

Post a Comment for "6 KESALAHAN DALAM GAMBAR TEKNIK DAN BAGAIMANA MENYAJIKAN GAMBAR TEKNIK YANG MENARIK??"