Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Thursday, August 02, 2018

Huruf dan Angka pada Gambar Teknik Mesin

Gambar teknik mempunyai tujuan menjelaskan maksud pelaksanaan dalam kegiatan teknik atau menuntun suatu kegiatan keteknikan pada umumnya. Karena itu mengandung suatu petunjuk yang berfungsi penting dalam kegiatan penyelesaian keteknikan. 
Untuk melengkapi keterangan-keterangan pada gambar teknik supaya tidak terjadi salah tafsir maka perlu adanya keterangan berupa huruf, angka serta lambang-lambang teknik dalam susunan yang meyakinkan.


Hal hal yang perlu diperhatikan dari penulidan huruf dan angka pada gambar teknik adalah, mudah dibaca, keseragaman, dan keserasian. Huruf dan angka yang dipakai pada gambar teknik merujuk pada standar ISO 3098/1-1974, yakni harus mudah dibaca dan ditulis, serta bentuk huruf miring atau tegak. Tidak ada gaya khusus yang diperlukan, tetapi karakter harus menjadi konsisiten pada gambar yang sama. Huruf besar lebih disukai daripada huruf kecil.
contoh menulis huruf dan angka
Memproduksi ulang gambar diperlukan standar yang harus dipegang oleh seorang juru gambar. Juru gambar harus memperhatikan jarak diantara huruf, spasi pada dua huruf dan lain lain. Gambar dibawah ini menunjukan standar jarak dan ukuran pada huruf dan angka dalam milimeter.
ukuran huruf dan angka
tabel Tinggi Huruf dan Angka

Contoh atau gambaran dari huruf dan angka yang dipakai pada gambar teknik adalah sebagai berikut
jenis penulisan
ada dua metode dalam membubuhkan huruf dan angka pada etiket/gambar teknik, yaitu metode tegak lurus dan miring 75 derajat dari sumbu X

MATERI SELANJUTNYA ==> MENENTUKAN SKALAPADA GAMBAR TEKNIK

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS