Guru Teknik Mesin

blog ini berisi informasi untuk mahasiswa, guru, atau dosen dalam pembelajaran seputar Teknik Mesin

Tuesday, October 01, 2019

Tutorial Perintah Pocket Pada Catia FULL

Pocket adalah salah satu feature pada software CATIA yang digunakan untuk mengurangi/membuang bentuk 3D sesuai dengan bentuk sketch yang telah dibuat sebelumnya.


Adapun langkah-langkah pocket antara lain;
  • Masuk dalam workbench part design dengan cara klik Start>> Mechanical design>> Part Design. Kemudian akan uncul kotak dialog dan disuruh untuk memberi nama objek yang akan digambar >> OK
membuka workbench part design
  • Sebelum melakukan perintah pocket, kita harus mempersiapkan bentuk 3D dimensi yang akan kita pocket terlebih dahulu. Membuat sketch dengan meng-klik tombol sketch kemudian pilih salah satu plane yang tersedi pada layar ataupun pada tree.
memilih plane
  • Membuat profile 3D ==> Profil 3D pada umumnya dibuat dengan feature PAD. Gambar dibawah adalah gambaran proses pembuatan gambar 3 Dimensi. Belajar PAD? Klik disini
Proses PAD
  • Proses Pocket ==> Membuat sketch pada face/muka yang mau dilakukan pocket, dengan cara klik face 3D kemudian klik sketch. lalu buatlah profile yang akan dilakukan pocket.
Proses Pocket

Setelah selesai membuat pocket, klik exit workbench kemudian klik icon pocket, pastikan tanda panah menuju arah benda yang akan di pocket. Apabila tidak menuju arah benda yang dituju maka silakan klik tanda panahnya atau bisa dengan klik reverse direction pada kotak dialog pocket. lalu atur pengaturan pada kotak dialog, pocket tembus atau Cuma jarak tertentu saja >> OK.
jenis Pocket
Pengaturan dapat dilakukan dengan memilih type, ada beberapa type dalam pocket ini, antara lain:
Dimension, digunakan untuk menghilangkan bentuk 3D dengan kedalaman tertentu.
Up to next, digunakan untuk menghilangkan bentuk 3D sampai tembus tetapi tidak sampai batas akhir apabila bentuk 3D tersebut ada celah.
up to last, digunakan untuk menghilangkan bentuk 3D sampai tembus habis sampai batas akhir.

MATERI SELANJUTNYA ==> PERINTAH HOLE PADA CATIA

No comments:

Post a Comment

YOUR COMMENTS