Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Website Terbaik Untuk Download File 3D Printing Secara Gratis/Free (Format.STL)

        Memiliki kemampuan untuk mengakses dan menggunakan 3D printer apalagi memiliki alat tersebut, merupakan suatu kesempatan dan keistimewaan yang cukup menarik. Baik itu baru saja memiliki satu 3D Printer atau sudah suhu di dunia pencetakan 3D.
        Masalah muncul ketika merancang model 3D dari awal, hal tersebut membutuhkan waktu dan keterampilan yang mungkin tidak Kita miliki.
        Sekarang sudah banyak situs web tempat Kita dapat mengunduh model 3D secara gratis, tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua model 3D yang Kita unduh dapat dicetak menggunakan 3D printer.

Disini, Kita akan membahas 5 situs web terbaik untuk mengunduh file printer 3D secara GRATIS.

1. GrabCad

        GrabCAD adalah komunitas online terbesar di dunia yang terdiri dari insinyur profesional, desainer, produsen, dan mahasiswa. Website ini membantu kita dalam membuat produk hebat menjadi lebih mudah. Saat ini, komunitas GrabCAD memiliki hampir 4 juta anggota dalam berbagi file CAD dan Tutorial, ikut serta dalam lomba desain, dan mendapatkan model CAD gratis dari perpustakaan online yang berisi lebih dari 2 juta file gratis.
GrabCad
        Komunitas GrabCAd adalah tempat bagi para pemikir dan pendidikan terbaru di bidang teknik, desain, dan manufaktur, di mana para profesional dapat memamerkan keterampilan mereka dan mendorong orang lain untuk mempelajari hal yang sama.
        GrabCAD juga menawarkan dua aplikasi perangkat lunak, GrabCAD Workbench dan GrabCAD Print.
        GrabCAD Print adalah solusi paling komprehensif yang tersedia untuk 3D printer. Perangkat lunak yang intuitif dan mudah digunakan dalam menyederhanakan penyiapan, penjadwalan, pemantauan, dan pelaporan pekerjaan cetak 3D Printer. Dengan kemampuan membaca file CAD secara native, GrabCAD Print menggunakan printer Stratasys FDM dan Polyjet untuk menyediakan alur kerja yang efisien serta menyederhanakan manajemen pekerjaan.
        Kita dapat menemukan model yang dapat dicetak dengan 3D printer dengan mencari model STL. Ada sekitar 80.000 model STL yang tersedia di TurboSquid, yang diakuisisi oleh Shutterstock pada tahun 2021.

2. Thingiverse 

        Thingiverse adalah tempat terbaik untuk mencari dan mengunduh model 3D untuk keperluan 3D printing. Situs web ini sepenuhnya diperuntukkan dan dikembangkan untuk 3D printer, dan sebagian besar model 3D diunggah dalam bentuk file STL yang dapat dengan mudah dicetak menggunakan 3D printer. Keunggulan website ini, setiap model dilengkapi dengan pratinjau 3D, gambar produk yang dicetak, dan pengaturan cetak.
ThingiVerse
        Thingiverse dibuat sangat memungkinkan bagi pengguna untuk memposting model buatan sendiri. Satu poin utama yang menjadikan Thingiverse sebagai website 3D printer paling populer di antara website lainnya adalah bahwa sepenuhnya gratis alias tidak berbayar. Setiap file yang Kita lihat di Thingiverse, dapat Kita unduh dan gunakan secara GRATIS.

3. MyMiniFactory

        MyMiniFactory adalah sebuah komunitas dan website tempat mencari ribuan model 3D printer secara gratis dan berbayar untuk diunduh. MyMiniFactory lebih cenderung pengembangannya ke figure game. Sebagian besar model yang akan kita temukan di sini adalah karakter game.
        MyMiniFactory memiliki banyak elemen komunitas. Pembuat dapat menulis cerita mereka di Cerita Komunitas, dan mereka dapat berpartisipasi dalam kompetisi mendesain dan mencetak untuk memenangkan hadiah. Sejauh ini, proyek ini telah membuat katalog 17.000 objek yang dapat Kita unduh secara gratis.
MyMiniFactory

4. Cults

        Cults adalah repositori dan komunitas 3D lain tempat Kita dapat mengunduh dan mencetak model 3D. Situs ini memiliki model gratis dan berbayar, dan pembuat dapat memonetisasi model 3D mereka dengan Cults.
Cults
        Pandangan sekilas pada Cults mengungkapkan bahwa itu menargetkan model estetika dan dekoratif daripada model fungsional. Kultus memiliki berbagai model dalam perhiasan, seni dan mode. Jika Kita ingin membuat perhiasan cetak 3D Kita sendiri, ini adalah tempat yang baik untuk menelusuri dan mengunduh model.
        Cult juga menyelenggarakan kontes pencetakan 3D di mana Kita dapat mendesain model Kita sesuai dengan pedoman yang diberikan untuk memenangkan hadiah. 

5. TurboSquid

        TurboSquid adalah pasar besar untuk model 3D. Beberapa model ini dirancang untuk pencetakan 3D Printer, tetapi sebagian besar tidak. Namun, ini tidak berarti bahwa Kita tidak dapat mencetak dengan sedikit penyesuaian.
TurboSquid
        TurboSquid mencakup model 3D profesional berbayar dan gratis. Di situs web ini kita dapat menemukan model yang sangat detail dan realistis. Seperti Model kendaraan, manusia dan hewan.

Dari layar kaca menuju dunia nyata dengan 3D Printer

3D printer adalah teknologi luar biasa yang memungkinkan Kita menghadirkan kreasi 3D dari komputer ke dunia nyata. Dengan 3D printer, Kita dapat mencetak model STL dan Kita bisa mendapatkan model STL ini dari situs web yang disebutkan dalam artikel ini.

Posting Komentar untuk "5 Website Terbaik Untuk Download File 3D Printing Secara Gratis/Free (Format.STL)"