Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TOLERANSI GEOMETRI PADA GAMBAR TEKNIK MESIN

            Dimensi & Toleransi Geometris (D&TG) adalah sistem untuk mendefinisikan toleransi teknik. D&TG adalah bagian yang sangat penting dari desain produk mekanik. 
D&TG mendefinisikan tingkat akurasi dan presisi yang diperlukan pada fitur bagian terkontrol dan digunakan untuk menentukan variasi yang diperbolehkan dalam bentuk dan ukuran yang mungkin dari masing-masing fitur, variasi yang diizinkan antar fitur.
Toleransi  GEometri

MATERI SEBELUMNYA ==> TOLERANSI SUAIAN      

Ada 14 simbol karakteristik geometris yang digunakan dalam D&TG. Ke-14 simbol ini digunakan untuk menggambarkan ukuran, lokasi, orientasi, dan bentuk.

No
Simbol
Nama
Keterangan
1.

Angularity
Kondisi permukaan, bidang tengah, atau sumbu berada tepat pada sudut yang ditentukan.
2.

Circularity
Suatu kondisi di mana semua titik permukaan revolusi, pada bagian mana pun yang tegak lurus terhadap sumbu yang sama, berjarak sama dari sumbu tersebut.
3.

Konsentrisitas
Kondisi di mana titik median dari semua elemen yang berlawanan secara diametris dari silinder (atau permukaan revolusi) adalah kongruen dengan sumbu fitur datum.
4.
Silindrisitas
Suatu kondisi permukaan revolusi di mana semua titik permukaan sama jauhnya dari sumbu yang sama.
5.

Kerataan
Kondisi permukaan yang memiliki semua elemennya dalam satu bidang.
6.

Paralelisme
Kondisi yang dihasilkan ketika permukaan, sumbu atau bidang tengah persis sejajar dengan datum.
7.

Perpendicularity
Kondisi yang dihasilkan ketika permukaan, sumbu, atau centerplane persis 90 ° ke datum.
8.

Posisi
Zona di mana sumbu atau bidang tengah fitur diizinkan untuk bervariasi dari posisi yang sebenarnya (tepat secara teoritis).
9.

Profil Kontrol Garis
Toleransi geometris yang membatasi jumlah kesalahan elemen elemen relatif terhadap profil sebenarnya.
10.

Profil Kontrol Permukaan
Toleransi geometrik yang membatasi jumlah kesalahan yang bisa dimiliki suatu permukaan relatif terhadap profil aslinya.
11.

Circular Runout
Kontrol komposit yang memengaruhi bentuk, orientasi, dan lokasi elemen melingkar dari fitur bagian relatif terhadap sumbu datum.
12.

Straightness (Axis atau Centerplane)
Kondisi di mana sumbu adalah garis lurus (atau, dalam kasus centerplane, setiap elemen garis adalah garis lurus).
13.

Simetri
Kondisi di mana titik median semua elemen yang berlawanan dari dua atau lebih fitur permukaan kongruen dengan sumbu atau bidang tengah fitur datum
14.

Total Runout
Kontrol komposit yang memengaruhi bentuk, orientasi, dan lokasi semua elemen permukaan dengan diameter (atau permukaan) relatif terhadap sumbu datum.

Pengubah dan Simbol D&TG

Ada banyak pengubah dan simbol lain yang digunakan dalam toleransi geometris. Berikut ini beberapa di antaranya:

1.

All-Around Symbol
Sebuah lingkaran yang ditempatkan di tikungan garis pemimpin kontrol profil.
2.

Dimensi Dasar
Nilai numerik yang digunakan untuk menggambarkan ukuran yang tepat secara teoritis, profil sebenarnya, orientasi, atau lokasi fitur atau target datum.
3.

Antara Simbol
Panah berujung ganda yang menunjukkan zona toleransi memanjang hingga mencakup beberapa permukaan.
4.

Radius Terkendali
Radius tanpa flat atau pembalikan diizinkan. Simbol untuk jari-jari yang dikendalikan adalah "CR."
5.

Fitur Datum
Fitur bagian yang menghubungi datum.
6.

Datum Target
Simbol yang menggambarkan bentuk, ukuran, dan lokasi elemen pengukur yang digunakan untuk membuat bidang datum atau sumbu.
7.

Fitur Control Frame
Kotak persegi panjang yang dibagi menjadi kompartemen di mana simbol karakteristik geometris, nilai toleransi, pengubah, dan referensi datum ditempatkan.
8.

Least Material Condition
Kondisi di mana fitur ukuran berisi jumlah bahan paling sedikit di mana-mana dalam batas ukuran yang dinyatakan.
9.

Kondisi Material Maksimum
Kondisi di mana fitur ukuran berisi jumlah maksimum material di mana-mana dalam batas ukuran yang dinyatakan..
10.

Proyeksi Zona Toleransi
Zona toleransi yang diproyeksikan di atas permukaan bagian.
11.

Radius
Garis lurus memanjang dari pusat busur atau lingkaran ke permukaannya

BACA JUGA : ELEMEN MESIN => PEGAS

KONTROL BENTUK

Toleransi formulir berlaku untuk fitur tunggal (individu) atau elemen fitur tunggal. Toleransi bentuk tidak terkait dengan datum.

Straightness/Kelurusan

Straightness
Kelurusan adalah kondisi di mana elemen permukaan atau sumbu adalah garis lurus. Kelurusan digunakan untuk mengontrol busa garis pada permukaan / fitur atau kelurusan sumbu. Tidak diperlukan bidang Datum untuk menentukan kelurusan dan sementara mendefinisikan kelurusan sumbu, pengubah LMC dan MMC dapat digunakan.

Flatness

Kerataan
Kerataan adalah suatu kondisi yang mendefinisikan kerataan suatu permukaan terlepas dari fitur datum apa pun. Kerataan digunakan untuk memanfaatkan permukaan yang dibutuhkan rata tanpa mengencangkan dimensi lainnya. Nilai toleransi Kerataan selalu kurang dari toleransi dimensi yang terkait dengan fitur bagian. Tidak diperlukan Datum Plane. LMC dan MMC dapat digunakan.

Circularity

Circularity
Circularity / Roundness digunakan untuk mengontrol sirkularitas fitur putaran di zona toleransi 2D. Toleransi sirkularitas tidak tergantung pada fitur datum apa pun. Nilai toleransi sirkularitas selalu kurang dari toleransi dimensi diameter bagian. Toleransi sirkularitas dapat diterapkan ke bagian mana pun (permukaan eksternal atau internal) yang melingkar pada penampang melintang. Kondisi MMC dan LMC tidak berlaku dengan toleransi sirkularitas. Toleransi sirkularitas dapat diterapkan ke bagian mana pun (internal maupun eksternal) yang melingkar dalam penampang.

Cylindricity

silindrisitas
Cylindricity adalah toleransi 3-Dimensi yang mengontrol bentuk keseluruhan fitur silinder untuk memastikannya cukup bulat dan cukup lurus di sepanjang sumbunya. Silindrisitas tidak tergantung pada fitur datum toleransi harus kurang dari toleransi dimensi diameter bagian. Silindrisitas pada dasarnya membentuk batas silindris yang sempurna di sekitar objek tempat seluruh bagian 3-Dimensi berada. +

KONTROL PROFIL

Kontrol Profil garis

Kontrol Profil Garis 
Profil kontrol garis menggambarkan zona toleransi di sekitar garis apa pun dalam fitur apa pun. Profil garis adalah rentang toleransi 2-Dimensi yang dapat diterapkan pada toleransi linier apa pun. Profil kontrol garis: mengontrol ukuran, orientasi, lokasi & busa fitur apa pun. Elemen garis permukaan di sepanjang profil harus berada di dalam zona toleransi profil dan di dalam zona pembatas ukuran. MMC dan LMC tidak berlaku dengan profil kontrol saluran. Datum Plane dapat digunakan untuk mengontrol profil kontrol garis.

Kontrol Profil Permukaan

Kontrol Profil permukaan
Profil kontrol permukaan digunakan untuk mengontrol permukaan bagian. Itu membuat zona toleransi 3-Dimensi di sekitar permukaan. Profil toleransi permukaan: Mengontrol ukuran, lokasi, orientasi, dan busa dari permukaan apa pun. Ketika profil kontrol permukaan ditentukan, zona toleransi adalah batas seragam sepanjang panjang dan lebar penuh permukaan. Biasanya ketika profil permukaan diperlukan, tidak ada toleransi pada dimensi yang menggambarkan permukaan dan menggunakan panggilan D&TG untuk memberikan rentang yang dapat diterima. Referensi Datum diperlukan untuk mengontrol Profile of a Surface.

KONTROL ORIENTASI

Parallelism/kesejajaran


Kesejajaran
Paralelisme dapat digunakan untuk mengontrol paralelisme antara dua permukaan atau paralelisme dua sumbu.
Paralelisme menggambarkan orientasi paralel dari satu fitur yang dirujuk ke permukaan datum atau garis di zona toleransi 3D.
Paralelisme tidak mengontrol sudut fitur yang direferensikan, tetapi itu menciptakan zona toleransi di mana fitur tersebut harus terletak.
Zona toleransi akan menjadi dua bidang paralel yang sejajar dengan fitur atau permukaan datum.
Kondisi MMC dan LMC berlaku dengan toleransi paralelisme.
Paralelisme diperlukan untuk memastikan dua permukaan / fitur bekerja selaras satu sama lain dan jarak konstan antara keduanya dipertahankan.

Perpendicularity/ketegaklurusan

Perpendicularity pada Permukaan
tegak lurus permukaan
Ketika diaplikasikan pada permukaan, ia mengontrol tegak lurus permukaan yang diberikan dengan mengacu pada bidang datum.
Zona toleransi akan menjadi dua permukaan paralel / bidang / garis tegak lurus bidang datum. Seluruh fitur harus terletak di antara permukaan / garis / bidang paralel ini.
Perpendicularity tidak mengontrol sudut fitur yang direferensikan, zona toleransi akan menjadi amplop
Perpendicularity Pada Sumbu
tegaklurus sumbu
Ketika diterapkan pada sumbu tegak lurus, kontrol tegak lurus sumbu silinder dengan referensi ke datum.
Zona toleransi akan menjadi batas silinder di sekitar sumbu yang benar. Sumbu fitur yang dirujuk harus terletak di batas silinder ini.
Ketika diterapkan pada simbol diameter fitur silinder (Ø) digunakan dalam bingkai kontrol.
Perpendicularity disebut pada sumbu tengah lubang untuk memastikan poros masuk ke dalam lubang

Angularity

Angularity
Angularity digunakan untuk membatasi orientasi satu fitur w.r.t. datum pada sudut yang ditentukan.
Zona toleransi angularitas akan menjadi dua bidang / permukaan paralel dalam 3D. Semua poin pada fitur yang dikendalikan harus berada di dalam mendefinisikan pesawat.
Kondisi material maksimum dapat digunakan bersama dengan toleransi angularitas.
Datum plane diperlukan untuk mendefinisikan toleransi angularitas.
Toleransi angularitas juga dapat digunakan untuk mengontrol sumbu fitur apa pun dengan bidang datum.
Zona toleransi untuk angularitas untuk suatu sumbu akan menjadi sebuah silinder di sekitar sumbu yang tepat secara teoritis dengan sumbu. pesawat datum.
Angularity dapat digunakan untuk mengontrol fitur kritis pada sudut di mana perakitan terjadi pada suatu sudut.

KONTROL LOKASI

Toleransi Lokasi menentukan seberapa besar suatu fitur dapat berbeda dari lokasi sebenarnya. Ini dapat didefinisikan oleh tiga zona toleransi.

Toleransi Posisi


Toleransi posisi
Toleransi posisi dalam D&TG mengontrol variasi di lokasi fitur dari posisi sebenarnya yang tepat. Ini adalah variasi total yang diizinkan di lokasi fitur tentang posisi sebenarnya yang sebenarnya.
Kondisi Material (MMC & LMC), Proyeksi Toleransi, Tangent Planes dapat digunakan bersama dengan toleransi posisi.
Zona toleransi untuk toleransi posisi dapat berupa dua bidang paralel, silinder atau bola.
Toleransi posisi digunakan untuk menemukan fitur ukuran dari bidang datum seperti lubang atau kunci-cara dan digunakan untuk menemukan fitur koaksial ke sumbu datum.
Dalam fitur silinder, zona toleransi posisi biasanya merupakan silinder tempat sumbu fitur tersebut berada.

Konsentrisiti

Konsentrisity

Toleransi konsentrisitas digunakan untuk mengontrol sumbu pusat silinder atau bola dengan sebuah datum plane / axis.
Datum Plane / Axis diperlukan untuk mengontrol toleransi Konsentris.
Toleransi konsentrik digunakan di mana presisi tinggi diperlukan untuk mengontrol titik median pada bagian silinder seperti roda gigi transmisi di mana roda gigi harus konsentris dengan pemasangan.
Runout atau toleransi posisi digunakan sebagai pengganti toleransi konsentris karena sangat sulit untuk mengukur toleransi konsentris.
Toleransi konsentrisitas membuat zona toleransi silinder 3 dimensi.
LMC dan MMC tidak berlaku dengan toleransi konsentris.

Simetri

Simetri
Toleransi simetri digunakan untuk mengontrol dua fitur pada bagian melintasi bidang datum.
Simetri Toleransi mengontrol titik-titik pusat dari fitur ukuran. Simetri Toleransi adalah toleransi geometris tiga dimensi yang mengontrol seberapa banyak titik di antara dua fitur mungkin menyimpang dari bidang tengah atau sumbu yang ditentukan.
Toleransi simetri diterapkan pada fitur non lingkaran.
Datum diperlukan untuk Toleransi simetri.
Simetri mirip dengan konsentrisitas, ia mengontrol fitur persegi panjang dan melibatkan dua bidang datar imajiner.
Semua poin pada fitur bagian harus dalam batas toleransi yang ditentukan.
Zona toleransi untuk toleransi simetri akan menjadi dua bidang paralel pada jarak yang sama dengan toleransi simetri yang ditentukan yang ditempatkan secara simetris ke bidang tengah dengan sumbu / bidang datum.

Runout

Runout adalah variasi fitur sehubungan dengan datum lain ketika bagian diputar 360 ° di sekitar sumbu datum. Runout mengontrol fitur melingkar, dan berapa banyak variasi yang dimilikinya dengan sumbu rotasi. Runout dapat dipanggil pada fitur apa pun yang diputar tentang suatu sumbu. Runout mengukur goyangan suatu fitur. Runout mengukur goyangan suatu fitur.

Putaran Melingkar


lingkaran Runout
Lingkaran runout membuat zona toleransi lingkaran 2-Dimensi yang ditentukan oleh sumbu datum di mana semua titik pada permukaan yang disebut harus jatuh ke dalamnya.
Runout adalah variasi total yang dapat dimiliki oleh permukaan referensi, ketika bagian tersebut diputar di sekitar sumbu sejati datum.
Runout digunakan dalam komponen berputar seperti bor, roda gigi, poros, gandar, dan banyak bagian alat mesin.
Runout diperlukan ketika osilasi atau getaran perlu dikendalikan pada bagian yang berputar cepat, seperti mesin atau transmisi.
Runout terlepas dari ukuran fitur (MMC atau LMC tidak dapat digunakan dengan toleransi runout)

Total Runout


Total Runout
Total runout menghasilkan zona toleransi silinder 3 dimensi yang ditentukan oleh sumbu datum. Ketika datum diperbaiki dan bagian diputar, semua titik pada permukaan yang diukur harus berada dalam zona toleransi.
Total runout adalah variasi total yang dapat dimiliki oleh permukaan referensi, ketika bagian tersebut diputar di sekitar sumbu sejati datum.
Total Runout mengontrol conentricity, tegak lurus / paralellism (fitur sumbu ukuran), silindrisitas, kelurusan, kelurusan, dan tentu saja, Normal Circular Runout

DEFINISI

Ketentuan berikut ini didefinisikan karena penggunaannya berlaku dalam Standar ini
  1. Dimensiè Nilai numerik yang dinyatakan dalam satuan ukuran yang sesuai dan ditunjukkan pada gambar dan dokumen lain bersama dengan garis, simbol, dan catatan untuk menentukan ukuran atau karakteristik geometris, atau keduanya, fitur bagian atau fitur bagian.
  2. Dimensi Dasar è Nilai numerik yang digunakan untuk menggambarkan ukuran, profil, orientasi, atau lokasi fitur atau target datum yang tepat secara teoritis. Ini adalah dasar dari mana variasi yang diizinkan ditetapkan oleh toleransi pada dimensi lain, dalam catatan, atau dalam bingkai kontrol fitur.
  3. Posisi Sejati è Lokasi yang tepat secara teoritis dari fitur yang dibuat oleh dimensi dasar.
  4. Dimensi referensi è Dimensi, biasanya tanpa toleransi, digunakan hanya untuk tujuan informasi. Ini dianggap sebagai informasi tambahan dan tidak mengatur operasi produksi atau inspeksi. Dimensi referensi adalah pengulangan dimensi atau berasal dari nilai-nilai lain yang ditunjukkan pada gambar atau pada gambar terkait.
  5. DatumèTitik, sumbu, atau bidang yang secara teoritis tepat diturunkan dari pasangan geometri sejati dari fitur datum yang ditentukan, datum adalah asal dari mana lokasi atau karakteristik geometris fitur dari busur bagian ditetapkan.
  6. Target DatumèTitik, garis, atau area yang ditentukan pada bagian yang digunakan untuk membuat datum.
  7. FiturèIstilah umum diterapkan pada bagian fisik dari suatu bagian, seperti permukaan, lubang, atau slot.
  8. Fitur UkuranèSatu permukaan silinder atau bola, atau satu set dari dua permukaan paralel pesawat, yang masing-masing terkait dengan dimensi ukuran.
  9. Fitur DatumèFitur aktual dari bagian yang digunakan untuk membuat datum.
  10. Ukuran sebenarnyaèUkuran yang diukur.
  11. Batas UkuranèUkuran maksimum dan minimum yang ditentukan.
  12. Kondisi Material Maksimum/maximum material condition (MMC)èKondisi di mana fitur ukuran berisi jumlah maksimum material dalam batas ukuran yang dinyatakan-misalnya, diameter lubang minimum, diameter poros max-mum.
  13. Kondisi Bahan Paling Sedikit/ least material condition (LMC)èKondisi di mana fitur ukuran mengandung jumlah material paling kecil dalam batas ukuran yang dinyatakan - misalnya, holediameter maksimum, diameter poros minimum.
  14. Terlepas dari Ukuran Fitur/regardless of feature size (RFS)èIstilah yang digunakan untuk menunjukkan bahwa toleransi geometrik atau referensi datum berlaku pada setiap kenaikan ukuran fitur dalam toleransi ukurannya.
  15. Kondisi virtualèBatas yang dihasilkan oleh efek kolektif dari batas ukuran MMC yang ditentukan dari suatu fitur dan toleransi geometrik yang berlaku.
  16. ToleransièJumlah total dimana dimensi spesifik diizinkan untuk bervariasi. Toleransi adalah perbedaan antara batas maksimum dan minimum.
  17. Toleransi sepihakèToleransi di mana variasi diizinkan dalam satu arah dari dimensi yang ditentukan
  18. Toleransi bilateralèToleransi di mana variasi diizinkan di kedua arah dari dimensi yang ditentukan.
  19. Toleransi GeometrisèIstilah umum diterapkan pada kategori toleransi yang digunakan untuk mengontrol bentuk, profil, orientasi, lokasi, dan runout.
Sumber : Mechanial Design & Geometric Tolerance by eazy on tech

2 komentar untuk "TOLERANSI GEOMETRI PADA GAMBAR TEKNIK MESIN"

  1. terima kasih. semoga semakin sering share materi yang seperti ini

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak, semoga ilmu yang sudah disampaikan tentang gambar teknik sangat bermanfaat bagi yang membaca dan mempelajarinya dan menjadi amal baik bagi yang menulisnya

    BalasHapus

YOUR COMMENTS